Selasa, 26 Agustus 2014

PROGRAM BIMBINGAN KONSELING



PROGRAM KEGIATAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SMKNEGERI 3 TEBING TINGGI
TAHUN PELAJARAN 2014-2015

NO.

JENIS KEGIATAN



B. BIMBINGAN

F. LAYANAN

TUJUAN KEGIATAN

SASARAN
1.
2
3
4
5
6
A.
PERSIAPAN





1)      Pembagian Tugas Guru BK/ Konselor


Pembagian tugas sesuai dengan jumlah peserta didik asuh
Guru BK

2)      Evaluasi Program BK Tahun Lalu


Memperbaiki program tahun lalu
Guru BK

3)      Menyusun program BK


Program BK, sejlan dengan Progrram dan sekolah
Guru BK

4)      Konsultasi Program BK


Program BK selaras dengan program sekolah
Guru BK

5)      Pengadaan Sarana/ Prasarana


Sarana/ Prasarana tersedia sesuai kebutuhan
Guru BK

B.
LAYANAN BK





LAYANAN ORIENTASI





1)      Pengenalan BK
Belajar
Pemahaman
Pencegahan
Peserta didik dapat memahami fungsi pelayanan BK
SISWA

2)      Pengenalan Fasilitas
Pribadi
Sosial
Belajar
Pemahaman
Peserta didik dapat memahami fungsi pelayanan BK
SISWA


LAYANAN INFORMASI





1)      Pengenalan struktur kurikulum dan kalender Akademik
Pribadi
Kelompok
Pemahaman
Peserta didik memahami struktur kurikulum yang hendak dijalaninya
SISWA

2)      Kriteria Ketuntasan Minimal, Kenaikan Kelas, Kelulusan
Kelompok
Pengembangan
Peserta didik dapat mengantisipasi persiapan sesuai rencana masa depan.



LAYANAN PENEPATAN PENYALURAN





1)      Penempatan dikelas baru
Pribadi
Sosial

Pemahaman
Kelancaran PBM
SISWA

LAYANAN PENGUASAAN KONTEN

1)      Pembentukan Kelompok Belajar
Belajar
Pribadi
Sosial
Pencegahan
Membiasakan tutor sebaya dan membangun kebersamaan
SISWA

2)      Mengembangkan kebiasaan belajar
Belajar
Karier
Pengembangan
Meningkatkan kebiasaan belajar mandiri dan mencapai kompetensi dalam pembelajaran
SISWA







LAYANAN KONSELING PERORANGAN

1)      Mencari solusi masalah pribadi dalam kehidupan Pribadi dan Sosial
Pribadi
Sosial
Pemahaman Dan Pencegahan
Memahami masalah dalam kehidupan pribadi dalam kehidupan pribadi dan sosial
SISWA

2)      Mencari sosial masalah pribadi dalam kegiatan dan hasil belajar serta karir
Belajar
Karier
Pengembangan
Meningkatkan hasil belajar dan pengembangan karier
SISWA



LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

1)      Mengembangkan minat, bakat, hobi denngan membina toleransi dan solidaritas.
Pribadi
Sosial
Pemahaman
Pencegahan
Memahamimasalah dalam kehidupan pribadi dalam kehidupan pribadi dan sosial
SISWA

2)      Mencari sosial masalah pribadi dalam pengenalan kegiatan dan hasil belajar serta karier
Belajar
Karier
Pengembangan
Meninngkatkan hasil belajar dan ppengembangan karir
SISWA


LAYANAN KONSELING KELOMPOK

1)      Mencari solusi masalah dalam kehidupan pribadi dan hubungan sosial
Pribadi
Sosial
Pemahaman
Pencegahan
Memahami masalah dalam kehidupan pribadi dalam kehidupan pribadi dan sosial
SISWA

2)      Mencarisosial masalah pribadi dalam pengenalan kegiatan dan hasil belajar seta karir
Belajar
Karir
Pemahaman
Pencegahan
Meningkatkan hasil belajar dan pengembnagan karir
SISWA



LAYANAN KONSULTASI

1)      Pemberdayaann pihak-pihak pengembangan pribadi, sosial, belajar dan karir
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
Pemahaman
Pengembangan
Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam hal hubungan antar teman
SISWA

2)      Mengembngkan bakat yang belum kelihatan dapat terekspor
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
Pemahaman
Pengembangan
Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam hal hubungan antar teman
SISWA







LAYANAN MEDIASI

  Upaya mendamaikan pihak-pihak tertentu yang berselisih
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
Pencegahan
Mendamaikan pihak-pihak yang berselisih
SISWA

APLIKASI INSTRUMENTASI

1)      Tes Intelegensi dan Tes Bakat
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
Pemahaman
Pengembangan
Memahami kondisidan masalah peserta didik
SISWA

2)      AUM
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
Pemahaman
Mengungkapkan satu  atau lebih kondisi diri peserta didik
SISWA



HIMPUNAN DATA

Menghimpun data peserta didik secara tepat dan akurat
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
Pemahaman
Mengetahui perkembangan kondisi pribadi, hubungan sosial, kegiatan belajardan persiapan karier
SISWA



KONFRENSI   KASUS

1)      Mendata peserta didik yang banyak absen, tingkah laku yang menyimpang
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
Pencegahan
Mengetahui frekuensi absen,  bolos peserta didik dan jenis penyimpangan peserta didik
SISWA

2)      Melakukan penndekatan kepada peserta didik yang mengalami masalah
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
Pencehahan
Mengetahui penyebab absen, bolos/ penyimpangan dan mencari solusinya
SISWA

KUNJUNGAN RUMAH

   Mengunjungi rumah tinggal peserta didik
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
Pemahaman
Pengembangan
Menemukan satuatau lebih masalah peserta didik untuk dibicarakan dengan orangtua/ keluarga
SISWA



TAMPILAN  KEPUSTAKAAN

Menampilakan materi bacaan, rekaman vidio, tentang  perkembangan dan kehidupan orang sukses berprestasi
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
Pengembnagan
Dan
Motivasi
Memotivasi peserta didik untuk dapat menngembangkan bakat, minat, dan hasil kegiatanbelajarnya.
SISWA



AHLI TANGAN KASUS

Meminta penangan dari pihak lain yang bersangkutan dan berkewenangan
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
Pencegahan
Menyelesaikan masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh guru BK
SISWA
C.
EVALUASI


Hasil evaluasi untuk di analisa
Guru BK
D.
ANALISA


Analis hasil Evaluasi untuk perbaikan dan pengembangan program
Guru BK
E.
TINDAK LANJUT


Memperbaikipelkasanaan program
Guru BK

    Mengetahui                                                                                                                              T. Tinggi,                        JULI 2014
                                    Kepala Sekolah                                                                                                                                    Guru Pembimbing


                                                            DRA. ISMAWATI                                                                                                                   LINDA ARSANI DAULAY, S.Ag
                                                            NIP. 19650604 199412 2 001                                                                                                 NIP. 19720415 200604 2 002
           

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(01)
MENCAPAI KEMATANGAN DALAM BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA TUHAN YME
SEKOLAH                             : SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
B. BIMBINGAN                   : PRIBADI & SOSIAL
J. LAYANAN                                    : ORIENTASI           
F. LAYANAN                       : PEMAHAMAN      
WAKTU                                 : 1 X 45 ‘
KELAS/ SEMESTER                        : 10/ GANJIL
T. A                                         : 2014/2015


a.       Bahasan / topik permasalahan       : SEKOLAHKU
b.      Kompetensi Dasar                         : Siswa mampu mengenal sekolah dengan benar, bersikap
 Terpelajar, dan mampu beradaptasi secara bertanggung jawab, serta menjadi warga sekolah yang baik sebagai bukti pribadi yang beriman, dan berakhlak mulia.
c.       Uraian Kegiatan                             : 1  Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok untuk mendiskusikan materi sekolah
 2. Materi  :  Sekolah di SMK, Pentingnya keseriusan dalam belajar
d. Hasil yang ingin dicapai                 : 1. Menyadari proses masuk sekolah di SMK sebagai
 lingkungan hidup yang penting bagi perkembangan diri
2. mengenal sekolah sebagai sarana penyesuaian diri untuk mengembangkan aspek intelektual, sikap, dan keterampilan
e. Tempat Penyelenggaran                  : Ruang Kelas/ Lingkungan Sekolah
f. Pihak Yang  Disertakan                   : Staf sekolah, Guru, Pembina Osis, PKS Kesiswaan
g. Alat/ Media                                     : Data Inventaris sekolah & Sarana-Prasarana/
                                                             Stuktur Organisasi Sekolah
h. Rencana Penilaian/TindakLanjut    : EVALUASI DIRI
i. Catatan Khusus                                : -


 Mengetahui                                                                 T. Tinggi,                     JULI 2014
Kepala Sekolah                                                                        Guru Pembimbing



Dra . ISMAWATI                                                        FENI WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP. 19650604 199412 2 001                                     NIP.  



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(02)
MENCAPAI KEMATANGAN DALAM BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA TUHAN YME DENGAN BERSYUKUR DILEMBAGA YANG TERTIB DAN DISIPLIN
SEKOLAH                             : SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
B. BIMBINGAN                   : PRIBADI & SOSIAL
J. LAYANAN                                    : ORIENTASI           
F. LAYANAN                       : PEMAHAMAN      
WAKTU                                 : 1 X 45 ‘
KELAS/ SEMESTER                        : 10/ GANJIL
T. A                                         : 2014/2015
a.       Bahasan / topik permasalahan       :  TATA TERTIB SEKOLAH
b.      Kompetensi Dasar                         : Siswa mampu mengenal sekolah dan bersedia
Melaksanakan tata tertib sekolah yang berlaku secara benar dan  bertanggung jawab sehingga tercapai keseimbanngan yang dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan PBM sebagai bukti pribadi yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia.
c.       Uraian Kegiatan                             : 1  Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok untuk mendiskusikan Tata Tertib di SMKN 3
 2. Materi  : Untuk apa ada tata tertib ? Tata Tertib disekolah, Hak dan Kewajiban Siswa.
d. Hasil yang ingin dicapai                 : 1. Menyadari arti penting tata tertib dalam kehidupan sehari-hari sehingga terhindar dari perilaku yang tidak dikehnadaki oleh aturan yang berlaku.
                                                            2.  melaksanakan tata tertib yang berlaku di sekolah sehinngga dapat mendukung proses pembelajaran dan berprilaku yyang terpuji sebagai anggota masyarakat sekolah.
e. Tempat Penyelenggaran                  : Ruang Kelas/ Lingkungan Sekolah
f. Pihak Yang  Disertakan                   : Staf sekolah, Guru, Pembina Osis, PKS Kesiswaan
g. Alat/ Media                                     : Tata Tertib SMKN 2 & Sarana-Prasarana/
                                                           
h. Rencana Penilaian/TindakLanjut    : EVALUASI DIRI
i. Catatan Khusus                                : -


Mengetahui                                                                  T. Tinggi,                     JULI 2014
Kepala SMKN 3 T.Tinggi                                            Guru Pembimbing



Dra . ISMAWATI                                                        FENI WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP. 19650604 199412 2 001                                     NIP. 


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(03)
MENCAPAI KEMATANGAN DALAM BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA TUHAN YME DENGAN CARA MEMPERSIAPKAN MASA DEPAN
SEKOLAH                             : SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
B. BIMBINGAN                   : PRIBADI & SOSIAL
J. LAYANAN                                    : ORIENTASI           
F. LAYANAN                       : PEMAHAMAN      
WAKTU                                 : 1 X 45 ‘
KELAS/ SEMESTER                        : 10/ GANJIL
T. A                                         : 2014/2015
a.       Bahasan / topik permasalahan       :  SIAPA AKU
b.      Kompetensi Dasar                         : Siswa mampu memahami diri dalam hal pengenalan
                                                       diri, maksud dan tujuan hidup, serta menniti diri untuk
kehidupan yang akan datang sehingga mencapai  kematangan dalam gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual, dan ekonomi.
c.       Uraian Kegiatan                             : 1  Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok
 2. Materi  : Siapa Aku, Untuk Apa Aku Lahir dan Hidup, & Menjadi apakah Aku nanti
d. Hasil yang ingin dicapai                 : 1. Mengenal diri sehingga dapat bersikap secara tepat dalam kehidupan sehari-hari
                                                            2.  mengetahui tujuan hidupdari masa kecil, remaja, dan dewasa sehingga menyadari akan pentingnya mengisi kehidupan dengan hal-hal yang bermanfaat dan bijaksana.
                                                            3. Mempersiapkan diri menyongsosng masa depan dengan memotivasi dan langkah-langkah yang tepat sehingga mencapai.
e. Tempat Penyelenggaran                  : Ruang Kelas/ Lingkungan Sekolah
f. Pihak Yang  Disertakan                   : Siswa
g. Alat/ Media                                     :  Gambar
                                                           
h. Rencana Penilaian/TindakLanjut    : -
i. Catatan Khusus                                : -


 Mengetahui                                                                 T. Tinggi,                     JULI 2014
Kepala SMKN 3 T.Tinggi                                            Guru Pembimbing



Dra . ISMAWATI                                                        FENI WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP. 19650604 199412 2 001                                     NIP. 


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(04)
MENCAPAI KEMATANGAN DALAM BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA TUHAN YME DENGAN MENSYUKURI ANUGERAH KECERDASAN
SEKOLAH                             : SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
B. BIMBINGAN                   : PRIBADI & SOSIAL
J. LAYANAN                                    : ORIENTASI           
F. LAYANAN                       : PEMAHAMAN      
WAKTU                                 : 1 X 45 ‘
KELAS/ SEMESTER                        : 10/ GANJIL
T. A                                         : 2014/2015
a.       Bahasan / topik permasalahan       :  MENGENAL 8 KECERDASAN MANUSIA
b.      Kompetensi Dasar                         : Siswa mampu mengenal berbagai macam kecerdasan
manusia dan memahami kecerdasan dirinya yang telah diberikan Tuhan YME secara Cuma-Cuma, serta menerapkannya secara bertanggung jawab sebagai bukti manusia yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia.
c.       Uraian Kegiatan                             : 1  Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok
 2. Materi  :  Anugerah Gratis,Aneka Macam kecerdasan manusia, Mau memahami perbedaan kecerdasan
d. Hasil yang ingin dicapai                 : 1. Bersyukur atas anugerah kecerdasan secara gratis dari Tuhan dan memanfatkan & mengembangkan secara seimbang dan bertanggung jawab agar hidup menjadi lebih bermakna  
                                                            2.  mengenal aneka macam kecerdasan manusia pada umumnya dan kecerdasan diri pada khususnya sehingga mngembangkannya untuk membantu kehidupannya menjadi lebih baik
                                                             
e. Tempat Penyelenggaran                  : Ruang Kelas
f. Pihak Yang  Disertakan                   : Siswa yang memiliki kecerdasan tertentu
g. Alat/ Media                                     : Biografi- tokoh yang memiliki kecerdasan tertentu
h. Rencana Penilaian/TindakLanjut    : -
i. Catatan Khusus                                : -


 Mengetahui                                                                 T. Tinggi,                     JULI 2014
Kepala SMKN 3 T.Tinggi                                            Guru Pembimbing



Dra . ISMAWATI                                                        FENI WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP. 19650604 199412 2 001                                     NIP. 


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(05)
MENCAPAI KEMATANGAN TENTANG GAMBARAN DAN SIKAP KEHIDUPAN MANDIRI SECARA EMOSIONAL, SOSIAL, INTELEKTUAL, DAN EKONOMI SEHINGGA MENJADI BEKAL YANG BAIK UNTUK MENJADI PRIBADI YANG BAIK
SEKOLAH                             : SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
B. BIMBINGAN                   : PRIBADI & SOSIAL
J. LAYANAN                                    : ORIENTASI           
F. LAYANAN                       : PEMAHAMAN      
WAKTU                                 : 1 X 45 ‘
KELAS/ SEMESTER                        : 10/ GANJIL
T. A                                         : 2014/2015
a.       Bahasan / topik permasalahan       :  KONSEP DIRI REMAJA
b.      Kompetensi Dasar                         : Siswa mampu menggambarkan diri secara positif
sehingga dapat mencapai berbagai kemandirian yang dibutuhkan dalam hidupnya berdasarkan sistem nilai etika yang berlaku sehingga tingkah lakunya dapat diterima oleh masyarakat
.
c.       Uraian Kegiatan                             : 1  Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok
 2. Materi  :  Konsep Diri dan remaja, Pengertian dan Konsep diri, Faktor-faktor yang mempengaruhi, usaha mengembangkan konsep diri remaja
d. Hasil yang ingin dicapai                 : 1. Menilai diri secara positif sebagai remaja agar hidupnya menjadi semakin bermakna
                                                            2.  memahami berbagai pengertian dan macam- konsep diri sehingga dapat bersikap dengan tepat untuk menetapkan konsep dirinya dan mampu menerapkan dalam hidup sehari-hari
e. Tempat Penyelenggaran                  : Ruang Kelas
f. Pihak Yang  Disertakan                   : salah satu guru yang menonjol dalam aspek konsep dirinya
g. Alat/ Media                                     : Film/ Gambar kisah tokoh khusus
h. Rencana Penilaian/TindakLanjut    : -
i. Catatan Khusus                                : -


Mengetahui                                                                  T. Tinggi,                     JULI 2014
Kepala SMKN 3 T.Tinggi                                            Guru Pembimbing



Dra . ISMAWATI                                                        FENI WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP. 19650604 199412 2 001                                     NIP. 






RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(07)
MENCAPAI KEMATANGAN DALAM HUBUNGAN ANTAR TEMAN SEBAYA DAN PERANNYA SEBAGAI PRIA DAN WANITA SEHINGGA TERJADI KOMUNIKASI YANG MENGUNTUNGKAN
SEKOLAH                             : SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
B. BIMBINGAN                   : PRIBADI & SOSIAL
J. LAYANAN                                    : ORIENTASI           
F. LAYANAN                       : PEMAHAMAN      
WAKTU                                 : 1 X 45 ‘
KELAS/ SEMESTER                        : 10/ GANJIL
T. A                                         : 2014/2015
a.       Bahasan / topik permasalahan       :  KOMUNIKASI & HUBUNGAN ANTAR
   PRIBADI
b.      Kompetensi Dasar                         : Siswa mampu berkomunikasi secara efektif kepada
Sesamanya dengan menggunakan kemampuan diri dan sarana komunikasi yang berkembang dimasyarakat sehingga memberi makna yang bermanfaat bagi hidupnya.
c.       Uraian Kegiatan                             : 1  Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok
 2. Materi  : Pengertia Komunikasi, Komunikasi antar pribadi, Komunikasi yang efektif
d. Hasil yang ingin dicapai                 : 1. Memahami arti penting berkomunikasi bersama orang lain sebagai kebutuhan sehari-hari
                                                            2. mengerti tentang sasaran berkomunikasi sehingga dpat mengambil makna yang bermanfaat bagi lingkungannya.
                                                            3. melaksanakan komunikasi antar pribadi sehingga terjalin hhubungan sampai pada tahap yang lebih berkualitas
e. Tempat Penyelenggaran                  : Ruang Kelas
f. Pihak Yang  Disertakan                   : SISWA
g. Alat/ Media                                     : Film/ Gambar
h. Rencana Penilaian/TindakLanjut    : -
i. Catatan Khusus                                : -

Mengetahui                                                                  T. Tinggi,                     JULI 2014
Kepala SMKN 3 T.Tinggi                                            Guru Pembimbing



Dra . ISMAWATI                                                        FENI WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP. 19650604 199412 2 001                                     NIP. 




RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(01)
MENCAPAI KEMATANGAN DALAM MENGEMBANGKAN PENGGUASAAN ILMU, TEKNOLOGI, & SENI SESUAI DENGAN PERSIAPAN KARIR
SEKOLAH                             : SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
B. BIMBINGAN                   : BELAJAR
J. LAYANAN                                    : INFORMASI
F. LAYANAN                       : PEMAHAMAN, KURATIF& PENGEMBANGAN        
WAKTU                                 : 1 X 45 ‘
KELAS/ SEMESTER                        : 11/ GANJIL
T. A                                         : 2014/2015
a.       Bahasan / topik permasalahan       :  MAKNA BELAJAR
b.      Kompetensi Dasar                          : Siswa mampu menghayati makna belajar sebagai
pelajar untuk mencapai keberhasilan belajar mendasari pencapaian masa depan yang diharapkan
c.       Uraian Kegiatan                             : 1  Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok
 2. Materi  : pengertian Belajar, Strategi Belajar
d. Hasil yang ingin dicapai                 : 1. Memahami pengertian belajar dengan benar sehingga memaknainya dengan tepat dalam kehidupan sehari-hari sebagai pelajar
                                                            2. melaksanakan strategi belajar yang efektif demi pencapaian keberhasilan dan pencapaian masa depan yang diinginkan
e. Tempat Penyelenggaran                  : Ruang Kelas
f. Pihak Yang  Disertakan                   : Siswa Tertntu
g. Alat/ Media                                     : Skema tentang belajar
h. Rencana Penilaian/TindakLanjut    : -
i. Catatan Khusus                                : -


 Mengetahui                                                                 T. Tinggi,                     JULI 2014
Kepala SMKN 3 T.Tinggi                                            Guru Pembimbing



Dra . ISMAWATI                                                        FENI WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP. 19650604 199412 2 001                                     NIP. 



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(06)
MENCAPAI KEMATANGAN TENTANG GAMBARAN DAN SIKAP KEHIDUPAN MANDIRI SECARA EMOSIONAL, SOSIAL, INTELEKTUAL, DAN EKONOMI DENGAN CARA MENJADI PRIBADI YANG MEMILIKI MOTIVASI YANG KUAT UNTUK BERPRESTASI
SEKOLAH                             : SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
B. BIMBINGAN                   : PRIBADI & SOSIAL
J. LAYANAN                                    : ORIENTASI           
F. LAYANAN                       : PEMAHAMAN      
WAKTU                                 : 1 X 45 ‘
KELAS/ SEMESTER                        : 10/ GANJIL
T. A                                         : 2014/2015
a.       Bahasan / topik permasalahan       :  MOTIVASI DASAR PRESTASI
b.      Kompetensi Dasar                         : Siswa mampu memotivasi diri untuk belajar sehingga
 berhasil dan berprestasi dalam hidupnya
.
c.       Uraian Kegiatan                             : 1  Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok
 2. Materi  : pentingnya motivasi, faktor-faktor yang mempengaruhi, cara mempertahankan motivasi, kategori motivasi belajar, 2 pola belajar
d. Hasil yang ingin dicapai                 : 1. Memahami arti penting motivasi untuk melakukan sesuatu, terutama belajar
                                                            2.  mengenal berbagai faktor yang berpengaruh terhadap motivasi belajar untuk dijadikan alat evaluasi dalam hal belajar dan peningkatan prestasi belajar
3.  memilih secara sadar tentang pola belajar yang akan dilaksanakannya untuk meraih keberhasilan/pretasi belajar
e. Tempat Penyelenggaran                  : Ruang Kelas
f. Pihak Yang  Disertakan                   : salah satu guru yang menonjol dalam aspek konsep dirinya
g. Alat/ Media                                     : Film/ Gambar kisah tokoh khusus
h. Rencana Penilaian/TindakLanjut    : -
i. Catatan Khusus                                : -


 Mengetahui                                                                 T. Tinggi,                     JULI 2014
Kepala Sekolah                                                                        Guru Pembimbing


Dra . ISMAWATI                                                        FENI WULANDARY HRP, S.Pd
NIP. 19650604 199412 2 001                                     NIP. -
           



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(02)
MENCAPAI KEMATANGAN DALAM PENGUASAAN IPTEKS SESUAI DENGAN PROGRAM KURIKULUM & PERSIAPAN KARIR
SEKOLAH                             : SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
B. BIMBINGAN                   : BELAJAR
J. LAYANAN                                    : INFORMASI
F. LAYANAN                       : PEMAHAMAN, KURATIF& PENGEMBANGAN        
WAKTU                                 : 1 X 45 ‘
KELAS/ SEMESTER                        : 11/ GANJIL
T. A                                         : 2014/2015
a.       Bahasan / topik permasalahan     :  PRINSIP & GAYA BELAJAR
b.      Kompetensi Dasar                                   : Siswa mampu menghayati prinsip dan gaya belajar 
  Sebagai pelajar untuk mencapai keberhasilan belajar yang mendasari pencapaian optimal potensi diri
c.       Uraian Kegiatan                           : 1  Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok
 2. Materi  : mengenal otak kita, prinsip belajar, gaya belajar, modalitas belajar& ciri-cirinya, jurus belajar yang efisien dan efektif
d. Hasil yang ingin dicapai                 : 1. Mengoptimalkan peran otak sendiri dalam rangka mencapai keseimbangan hidup dan pencapaian optimal potensi diri
                                                            2. mengenal prinsip belajar
                                                            3. melaksanakan jurus belajar yang efektif & efisien
e. Tempat Penyelenggaran                  : Ruang Kelas
f. Pihak Yang  Disertakan                   : (disesuaikan )
g. Alat/ Media                                     : Skema tentang gaya belajar
h. Rencana Penilaian/TindakLanjut    : -
i. Catatan Khusus                                : -


 Mengetahui                                                                 T. Tinggi,                     JULI 2014
Kepala Sekolah                                                                        Guru Pembimbing


Dra. ISMAWATI                                                         FENI WULANDARY HRP, S.Pd
NIP. 19650604 199412 2 001                                     NIP. -
           



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(03)
MENCAPAI KEMATANGAN DALAM BERTINGKAH LAKU DENGAN MEMANFAATKAN WAKTU SECARA EFEKTIF & PRODUKTIF
SEKOLAH                             : SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
B. BIMBINGAN                   : BELAJAR
J. LAYANAN                                    : INFORMASI
F. LAYANAN                       : PEMAHAMAN, KURATIF& PENGEMBANGAN        
WAKTU                                 : 1 X 45 ‘
KELAS/ SEMESTER                        : 11/ GANJIL
T. A                                         : 2014/2015
a.       Bahasan / topik permasalahan     :  MEMANAGE WAKTU
b.      Kompetensi Dasar                                   : Siswa mampu menghargai waktu dan memanfatkan
 dengan benar
c.       Uraian Kegiatan                           : 1  Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok
 2. Materi  : Pentingnya mngatur Waktu, mengenal manajemen waktu, membangun kebiasaan mengatur waktu
d. Hasil yang ingin dicapai                 : 1. Mengerti arti penting mengatur waktu sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal
                                                            2. terbiasa mengatur atau mengisi waktuu secara efektif menjadi bagian penting kehidupan sehari- hari
f. Pihak Yang  Disertakan                   : (disesuaikan )
g. Alat/ Media                                     : Skema pembagian waktu
h. Rencana Penilaian/TindakLanjut    : -
i. Catatan Khusus                                : -


 Mengetahui                                                                 T. Tinggi,                     JULI 2014
Kepala Sekolah                                                                        Guru Pembimbing


Dra. ISMAWATI                                                         FENI WULANDARY HRP, S.Pd
NIP. 19650604 199412 2 001                                     NIP. -
           




RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(04)
MENCAPAI KEMATANGAN DALAM BERIMAN & BERSYUKUR ATAS ANUGERAH BAKAT, KEMAMPUAN & PRESTASI YANG DIMILIKI
SEKOLAH                             : SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
B. BIMBINGAN                   : BELAJAR
J. LAYANAN                                    : INFORMASI
F. LAYANAN                       : PEMAHAMAN, KURATIF& PENGEMBANGAN        
WAKTU                                 : 1 X 45 ‘
KELAS/ SEMESTER                        : 11/ GANJIL
T. A                                         : 2014/2015
a.       Bahasan / topik permasalahan     :  AKU MELIHAT BAKAT
b.      Kompetensi Dasar                                   : Siswa mampu melihat bakat, kemampuan, dan prestasi
diri yang perlu di syukuri dan dikembangkan untuk meningkatkan mutu kehidupannya.
c.       Uraian Kegiatan                           : 1  Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok
 2. Materi  : faktor-faktor yang mempengaruhi bakat & prestasi, faktor-faktor yang mempengaruhi cita-cita.
d. Hasil yang ingin dicapai                 : 1. Mengenal bakat, kemampuan, dan prestasi diri sehingga mau mengembangkannya untuk mencapai pencapaian diri yang optimal
                                                            2. mengenal bakat umum dan bakat khusus sehingga mampu membedakannya dan mengembangkan masing-masing.
e. Pihak Yang  Disertakan                  : (disesuaikan )
f . Alat/ Media                                    : Tes Bakat/ gambar atau tayangan tentang orang yang berbakat
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut    : -
h. Catatan Khusus                               : -


 Mengetahui                                                                 T. Tinggi,                     JULI 2014
Kepala Sekolah                                                                        Guru Pembimbing


Dra. ISMAWATI                                                         FENI WULANDARY HRP, S.Pd
NIP. 19650604 199412 2 001                                     NIP. -
           



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(05)
MENCAPAI KEMATANGAN DALAM BERIMAN & BERTAQWA KEPADA TUHAN YME ATAS ANUGERAH BAKAT, KEMAMPUAN, & PRESTASI YANG DIMILIKI
SEKOLAH                             : SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
B. BIMBINGAN                   : BELAJAR
J. LAYANAN                                    : INFORMASI
F. LAYANAN                       : PEMAHAMAN, KURATIF& PENGEMBANGAN        
WAKTU                                 : 1 X 45 ‘
KELAS/ SEMESTER                        : 11/ GANJIL
T. A                                         : 2014/2015
a.       Bahasan / topik permasalahan     :  ETIKA PERGAULAN
b.      Kompetensi Dasar                                   : Siswa mampu hidup bersama orang lain yang
 mendasarkan diri pada etika pergaulan
.
c.       Uraian Kegiatan                           : 1  Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok
 2. Materi  : faktor-faktor yang mempengaruhi bakat & prestasi, faktor-faktor yang mempengaruhi cita-cita.
d. Hasil yang ingin dicapai                 : 1. Mengenal bakat, kemampuan, dan prestasi diri sehingga mau mengembangkannya untuk mencapai pencapaian diri yang optimal
                                                            2. mengenal bakat umum dan bakat khusus sehingga mampu membedakannya dan mengembangkan masing-masing.
e. Pihak Yang  Disertakan                  : (disesuaikan )
f . Alat/ Media                                    : Tes Bakat/ gambar atau tayangan tentang orang yang berbakat
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut    : -
h. Catatan Khusus                               : -


 Mengetahui                                                                 T. Tinggi,                     JULI 2014
Kepala Sekolah                                                                        Guru Pembimbing


Dra. ISMAWATI                                                         FENI WULANDARY HRP, S.Pd
NIP. 19650604 199412 2 001                                     NIP. -
           


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(06)
MENCAPAI KEMATANGAN DALAM BERIMAN HUBUNGAN ANTAR TEMAN SEBAYA BAIK PRIA MAUPUN WANITA SERTA KEMATANGAN DALAM PERANNYA SEBAGAI PRIA& WANITA
SEKOLAH                             : SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
B. BIMBINGAN                   : BELAJAR
J. LAYANAN                                    : INFORMASI
F. LAYANAN                       : PEMAHAMAN, KURATIF& PENGEMBANGAN        
WAKTU                                 : 1 X 45 ‘
KELAS/ SEMESTER                        : 11/ GANJIL
T. A                                         : 2014/2015
a.       Bahasan / topik permasalahan     :  PERGAULAN SEHARI-HARI REMAJA
b.      Kompetensi Dasar                                   : siswa mampu bergaul secara efektif sebagai remaja
sehingga mendapatkan manfaat bagi perkembangan dirinya.

.
c.       Uraian Kegiatan                           : 1  Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok
 2. Materi  : Aspek yang mempengaruhi pergaulan remaja, prinsip dasar pergaulan yang sehat, tips pertemanan terjalin langgeng
d. Hasil yang ingin dicapai                 : 1.Memahami tentang arti penting pergaulan sehari-hari sebagai remaja
                                                            2. memahami faktor yang mempengaruhi pergaulan remaja sehingga dapat bergaul secara efektif dalam kehidupan sehari-hari
.
e. Pihak Yang  Disertakan                  : (disesuaikan )
f . Alat/ Media                                    : Gambar tentang pergaulan remaja
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut    : -
h. Catatan Khusus                               : -


 Mengetahui                                                                 T. Tinggi,                     JULI 2014
Kepala Sekolah                                                                        Guru Pembimbing


Dra. ISMAWATI                                                         FENI WULANDARY HRP, S.Pd
NIP. 19650604 199412 2 001                                     NIP. -
           


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(07)
MENCAPAI KEMATANGAN DALAM BERIMAN & BERTAQWA KEPADA TUHAN YME DENGAN CARA MENJADI PEMIMPIN YANG BERAKHLAK MULIA

SEKOLAH                             : SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
B. BIMBINGAN                   : BELAJAR
J. LAYANAN                                    : INFORMASI
F. LAYANAN                       : PEMAHAMAN, KURATIF& PENGEMBANGAN        
WAKTU                                 : 1 X 45 ‘
KELAS/ SEMESTER                        : 11/ GANJIL
T. A                                         : 2014/2015
a.       Bahasan / topik permasalahan     :  KEPEMIMPINAN REMAJA
b.      Kompetensi Dasar                                   : Siswa mampu melaksanakan kepemimpinan remaja
yang efektif dan efisien/ sesuai karakter seorang pemimpin handal.
c.       Uraian Kegiatan                           : 1  Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok
 2. Materi  : pengertian kepemimpinan dan pemimpin, karakterseorang pemimpin, remaja pemimpin masa depan, prinsip kepemimpinan remaja
d. Hasil yang ingin dicapai                 : 1. Memahami arti kepemimpinan dan pemimpin sehingga dapat membedakan maknanya masing-masing
                                                            2. mengenal karakter yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin sehingga dapat mengenal karakter dirinya dalam kepemimpinan.
                                                            3. melaksanakan kepemimpinan dengan prinsip-prinsip kepemimpinan remaja sehingga proses dan hasilnyasesuai dengan yang diinginkan.
e. Pihak Yang  Disertakan                  : pengurus kelas, tokoh pemimpin
f . Alat/ Media                                    : games, skema pola kerja
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut    : -
h. Catatan Khusus                               : -


 Mengetahui                                                                 T. Tinggi,                     JULI 2014
Kepala Sekolah                                                                        Guru Pembimbing


Dra. ISMAWATI                                                         FENI WULANDARY HRP, S.Pd
NIP. 19650604 199412 2 001                                     NIP. -
           




RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(01)
MENCAPAI KEMATANGAN DALAM BERIMAN & BERTAQWA KEPADA TUHAN YME DENGAN CARA MENJADI PEMIMPIN YANG BERAKHLAK MULIA

SEKOLAH                             : SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
B. BIMBINGAN                   : PRIBADI  & SOSIAL
J. LAYANAN                                    : INFORMASI, KONSELING PERORANGAN(INDIVIDU)
F. LAYANAN                       : PEMAHAMAN, KURATIF& PENGEMBANGAN        
WAKTU                                 : 1 X 45 ‘
KELAS/ SEMESTER                        : 12/ GANJIL
T. A                                         : 2014/2015
a.       Bahasan / topik permasalahan     :  ANEKA KEMAMPUAN
b.      Kompetensi Dasar                                   : Siswa mampu bersyaukur atas anugerah aneka
kemampuan kemampuan yang dimiliki dan memanfaatkan secara efektif dan produktif
c.       Uraian Kegiatan                           : 1  Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok
 2. Materi  : mengetahui perbedaan kemampuanUmum (IQ) dan Kemampuan Khusus ( Bakat)
d. Hasil yang ingin dicapai                 : 1. Mengenal kemampuan umum yang dimiliki untukdimanfaatkan semaksimal mungkin dalam rangka mengembangkan kemampuan intelktual dan pengetahuan yang diperlukan dalam hidupnya.
                                                            2. mengenal kemampuan khusus yang dimiliki untuk dimanfatkan semaksimal mungkin dalam rangka mengembangkan  kemampuan bakat yang diperlukan dalam hidupnya.
e. Pihak Yang  Disertakan                  :  Siswa
f . Alat/ Media                                    : games,gambar  tokoh Albert Einsten dalam Disleksia 
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut    : -
h. Catatan Khusus                               : -


Mengetahui                                                                  T. Tinggi,                     JULI 2014
Kepala SMKN 3 T.Tinggi                                            Guru Pembimbing



Dra . ISMAWATI                                                        FENI WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP. 19650604 199412 2 001                                     NIP.



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(01)
MENCAPAI KEMATANGAN DALAM BERIMAN & BERTAQWA KEPADA TUHAN YME DENGAN CARA MENJADI PEMIMPIN YANG BERAKHLAK MULIA

SEKOLAH                             : SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
B. BIMBINGAN                   : PRIBADI  & SOSIAL
J. LAYANAN                                    : INFORMASI, KONSELING PERORANGAN(INDIVIDU)
F. LAYANAN                       : PEMAHAMAN, KURATIF& PENGEMBANGAN        
WAKTU                                 : 1 X 45 ‘
KELAS/ SEMESTER                        : 12/ GANJIL
T. A                                         : 2014/2015
a.       Bahasan / topik permasalahan     :  ANEKA KEMAMPUAN
b.      Kompetensi Dasar                                   : Siswa mampu bersyaukur atas anugerah aneka
kemampuan kemampuan yang dimiliki dan memanfaatkan secara efektif dan produktif
c.       Uraian Kegiatan                           : 1  Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok
 2. Materi  : mengetahui perbedaan kemampuanUmum (IQ) dan Kemampuan Khusus ( Bakat)
d. Hasil yang ingin dicapai                 : 1. Mengenal kemampuan umum yang dimiliki untukdimanfaatkan semaksimal mungkin dalam rangka mengembangkan kemampuan intelktual dan pengetahuan yang diperlukan dalam hidupnya.
                                                            2. mengenal kemampuan khusus yang dimiliki untuk dimanfatkan semaksimal mungkin dalam rangka mengembangkan  kemampuan bakat yang diperlukan dalam hidupnya.
e. Pihak Yang  Disertakan                  :  Siswa
f . Alat/ Media                                    : games,gambar  tokoh Albert Einsten dalam Disleksia 
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut    : -
h. Catatan Khusus                               : -


Mengetahui                                                                  T. Tinggi,                     JULI 2014
Kepala SMKN 3 T.Tinggi                                            Guru Pembimbing



Dra . ISMAWATI                                                        FENI WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP. 19650604 199412 2 001                                     NIP. 


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(02)
MENCAPAI KEMATANGAN DALAM BERIMAN & BERTAQWA KEPADA TUHAN YME DENGAN CARA MENJADI PEMIMPIN YANG BERAKHLAK MULIA

SEKOLAH                             : SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
B. BIMBINGAN                   : PRIBADI  & SOSIAL
J. LAYANAN                                    : INFORMASI, KONSELING PERORANGAN(INDIVIDU)
F. LAYANAN                       : PEMAHAMAN, KURATIF& PENGEMBANGAN        
WAKTU                                 : 1 X 45 ‘
KELAS/ SEMESTER                        : 12/ GANJIL
T. A                                         : 2014/2015
a.       Bahasan / topik permasalahan     :  HUBUNGAN ESQ&MASA DEPAN
b.      Kompetensi Dasar                                   : Siswa mampu memahami bahwa hubungan ESQ itu
 menjadi dasar yang bagi masa depan seseorang
c.       Uraian Kegiatan                           : 1  Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok
 2. Materi  :hubungan ESQ dan Masa Depan, Emotional Equoitent (EQ), Spritual Equotient ( SQ),
d. Hasil yang ingin dicapai                 : 1. Memahami arti penting EQ bagi perkembangan kualitas diri dan keberhasilan hidup seseorang di masa depannya.
                                                            2. memahami arti penting SQ bagi perkembangan kualitas diri dan keberhasilan hidup seseorang.
e. Pihak Yang  Disertakan                  :  Siswa
f . Alat/ Media                                    :  -
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut    : -
h. Catatan Khusus                               : -


Mengetahui                                                                  T. Tinggi,                     JULI 2014
Kepala SMKN 3 T.Tinggi                                            Guru Pembimbing



Dra . ISMAWATI                                                        FENI WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP. 19650604 199412 2 001                                     NIP. 


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(03)
MENCAPAI KEMATANGAN DALAM PILIHAN KARIR DENGAN CARA MEMANTAPKAN DIRI MENUJU MASA DEPAN
SEKOLAH                             : SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
B. BIMBINGAN                   : PRIBADI  & SOSIAL
J. LAYANAN                                    : INFORMASI, KONSELING PERORANGAN(INDIVIDU)
F. LAYANAN                       : PEMAHAMAN, KURATIF& PENGEMBANGAN        
WAKTU                                 : 1 X 45 ‘
KELAS/ SEMESTER                        : 12/ GANJIL
T. A                                         : 2014/2015
a.       Bahasan / topik permasalahan     :  MANTAP MENUJU MASA DEPAN
b.      Kompetensi Dasar                                   :  Siswa mampu mengolah diri untuk memantapkan diri
 menuju masa depan yang diharapkan di kemudian hari

c.       Uraian Kegiatan                           : 1  Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok
 2. Materi  : Pemilik Masa depan, Sikap Dasar Menuju Masa depan, Melihat jauh Kedepan
d. Hasil yang ingin dicapai                 : 1. Menyadari bahwa para pelajar/ remaja adalah pemilik masa depan yang diidamkan oleh diri sendiri maupun keluarga
                                                            2. menyadari bahwa setiap pribadi/pelajar/ remaja “dipanggil” untuk menyiapkan diri dan siap menuju masa depan
e. Pihak Yang  Disertakan                  :  ALUMNI
f . Alat/ Media                                    :  Gambar tentang dunia kerja
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut    : -
h. Catatan Khusus                               : -


 Mengetahui                                                                 T. Tinggi,                     JULI 2014
Kepala SMKN 3 T.Tinggi                                            Guru Pembimbing



Dra . ISMAWATI                                                        FENI WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP. 19650604 199412 2 001                                     NIP. 


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(04)
MENCAPAI KEMATANGAN DALAM BERIMAN & BERTAQWA KEPADA TUHAN YME DENGAN MENJADI PRIBBADI YANG MATANG DAN DEWASA
SEKOLAH                             : SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
B. BIMBINGAN                   : PRIBADI  & SOSIAL
J. LAYANAN                                    : INFORMASI, KONSELING PERORANGAN(INDIVIDU)
F. LAYANAN                       : PEMAHAMAN, KURATIF& PENGEMBANGAN        
WAKTU                                 : 1 X 45 ‘
KELAS/ SEMESTER                        : 12/ GANJIL
T. A                                         : 2014/2015
a.       Bahasan / topik permasalahan     :MENJADI PRIBADI YANG MATANG &
 DEWASA
b.      Kompetensi Dasar                                   :  Siswa menjadi pribadi yang matang dan dewasa sesuai
 dengan usia mental remaja
c.       Uraian Kegiatan                           : 1  Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok
 2. Materi  : ciri-ciri orang dewasa, macam-macam kedewasaan, melihat tingkat kedewasaan diri
d. Hasil yang ingin dicapai                 : 1. Mengupayakan menjadi remaja/ manusia yang memiliki ciri-ciri orang dewasa
                                                            2. Menjadi dewasa dalam banyak hal
                                                            3. mengenal dan mengevaluasi diri tingkat kedewasaan diri sebagai sarana semakin mengembangkan/ menyempurnakan diri
e. Pihak Yang  Disertakan                  :  ALUMNI
f . Alat/ Media                                    :  Skema gambar orang yang bersikap dewasa
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut    : -
h. Catatan Khusus                               : -


Mengetahui                                                                  T. Tinggi,                     JULI 2014
Kepala SMKN 3 T.Tinggi                                            Guru Pembimbing



Dra . ISMAWATI                                                        FENI WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP. 19650604 199412 2 001                                     NIP. 


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(05)
MENCAPAI KEMATANGAN DALAM PILIHAN KARIR SESUAI DENGAN TIPE KEPRIBADIAN
SEKOLAH                             : SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
B. BIMBINGAN                   : PRIBADI  & SOSIAL
J. LAYANAN                                    : INFORMASI, KONSELING PERORANGAN(INDIVIDU)
F. LAYANAN                       : PEMAHAMAN, KURATIF& PENGEMBANGAN        
WAKTU                                 : 1 X 45 ‘
KELAS/ SEMESTER                        : 12/ GANJIL
T. A                                         : 2014/2015
a.       Bahasan / topik permasalahan     :TIPE KEPRIBADIAN YANG BERHUBUNGAN
 DENGAN KARIR
b.      Kompetensi Dasar                                   :  Siswa mampu menghubungkan tipe kepribadiannya
                                                       dengan karier yang diinginkan di masa depan
c.       Uraian Kegiatan                           : 1  Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok
 2. Materi  : tipe Kepribadian dan Pilihan Karir, Model Orientasi Pribadi, Persiapan Memilih Karier
d. Hasil yang ingin dicapai                 : 1. Memahami hubungan antar kecenderungan tipe kepribadian dengan pilihan karir
                                                            2. memahami model orientasi pribadi yang berhubungan dengan pilihan karir
e. Pihak Yang  Disertakan                  :  ALUMNI
f . Alat/ Media                                    :  Skema gambar orang tentang dunia kerja
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut    : -
h. Catatan Khusus                               : -


Mengetahui                                                                  T. Tinggi,                     JULI 2014
Kepala SMKN 3 T.Tinggi                                            Guru Pembimbing



Dra . ISMAWATI                                                        FENI WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP. 19650604 199412 2 001                                     NIP. 


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(06)
MENCAPAI KEMATANGAN DALAM PILIHAN KARIR
SEKOLAH                             : SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
B. BIMBINGAN                   : PRIBADI  & SOSIAL
J. LAYANAN                                    : INFORMASI, KONSELING PERORANGAN(INDIVIDU)
F. LAYANAN                       : PEMAHAMAN, KURATIF& PENGEMBANGAN        
WAKTU                                 : 1 X 45 ‘
KELAS/ SEMESTER                        : 12/ GANJIL
T. A                                         : 2014/2015
a.       Bahasan / topik permasalahan     :KARIR & HUBUNGAN ANTAR MANUSIA
b.      Kompetensi Dasar                                   :  Siswa menjelaskan kaitan antara karir dan hubungan
 antar manusia sehingga menyadari arti penting orang lain bagi pilihan karirnya.
c.       Uraian Kegiatan                           : 1  Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok
 2. Materi : Proses mempersiapkan Karier, Beradaptasi dengan Orang lain, faktor yang mempengaruhi hubungan antar manusia
d. Hasil yang ingin dicapai                 : 1. Menyadari bahwa diri sendirilah yang menjadi karir masa depan bagi setiap orang
                                                            2. memahami perlunya proses yang panjang untuk mempersiapkan karier yang diinginkan
                                                            3. Mampu beradaptasi dengan orang lain dan mengambil menfaatnya untuk pilihan karir yang diinginkan
e. Pihak Yang  Disertakan                  :  ALUMNI
f . Alat/ Media                                    :  Skema gambar orang tentang dunia kerja
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut    : -
h. Catatan Khusus                               : -


Mengetahui                                                                  T. Tinggi,                     JULI 2014
Kepala SMKN 3 T.Tinggi                                            Guru Pembimbing



Dra . ISMAWATI                                                        FENI WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP. 19650604 199412 2 001                                     NIP.