Manfaat Teknologi Informasi Komunikasi Bagi Mahasiswa / Siswa
• mendukung proses belajar, meneliti, pengabdian masyaratkat dan pengembangan kepribadian mahasiswa/siswa
• fasilitas TIK untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat positif
• dan menjauhi penyalah-gunaan pemanfaatan fasilitas TIK.
Pemanfaatan Fasilitas TIK yang Positif Pemanfaatan Fasilitas TIK yang Positif
• Pemanfaatan internet untuk survei, studi eksplorasi, mencari data, informasi atau dokumen elektronik yang berharga, dll.
• Pemakaian email dan messaging dengan memperhatikan etika.
• Publikasi pengumuman, makalah, materi ajar, program aplikasi gratis, data, dll. yang dinilai bermanfaat bagi masyarakat luas pada situs web (website).
• Penyelenggaraan kompetisi ilmiah, seni, ketangkasan secara on line yang bernilai
positif bagi masyarakat luas.
Pemanfaatan Fasilitas TIK yang Negatif
• Memberikan account pribadi kepada orang lain dengan tujuan agar orang tersebut dapat membantu mengerjakan tugas-tugas kuliah yang seharusnya dikerjakan sendiri.
• Men- download data berukuran sangat besar (misalnya video) yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan materi pembelajaran, sehingga “memadati” lalu-lintas jaringan dan mengganggu pengguna jaringan yang lain.
• Bermain online game (via internet) yang tidak ada kaintannya dengan materi atau kegiatan pembelajaran.
• Mengakses (men- download) maupun mempublikasikan tulisan, gambar, suara, video, dll. yang asusila (porno) atau tidak etis.
• Mempublikasikan hasil karya orang lain dengan melanggar hak cipta.
MANFAAT PENGGUNAAN MEDIA DALAM KONSELING
• Akan meningkatkan kreativitas, meningkatkan keingintahuan dan memberikan variasi pengajaran, sehingga kelas akan menjadi lebih menarik;
• Akan meningkatkan kunjungan ke web site, terutama yang berhubungan dengan kebutuhan siswa;
• Konselor akan memiliki pandangan yang baik dan bijaksana terhadap materi yang diberikan;
• Akan memunculkan respon yang positif terhadap penggunaan email;
• Tidak akan memunculkan kebosanan;
• Dapat ditemukan silabus, kurikulum dan lain sebagainya melalui website; dan
• Terdapat pengaturan yang baik
Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Pendampingan Siswa
Program software power point
• Konselor dapat memasukkan gambar-gambar yang bergerak, bahkan konselor bisa melakukan insert gambar-gambar yang ada di sebuah film.
• Sasaran dari sebuah tujuan bimbingan dapat tercapai dengan optimal.
• Lebih menarik dan tidak membosankan.
Penggunaan Movie Maker
• Bimbingan lebih menarik
• Siswa lebih tertarik untuk memperhatikan layanan bimbingan
• Konselor menjadi kreatif untuk menampilkan hal-hal yang menarik lagi
• Siswa lebih dapat mencapai tujuan yang ingin diocapai oleh konselor.
Kesimpulan
• Media bimbingan dan konseling saat ini telah berkembang dengan pesat sesuai dengan perkembangan jaman dan kebutuhan manusia yang semakin meningkat;
• Media bimbingan dan konseling seperti internet akan menyediakan data atau informasi yang akurat bagi siswa;
• Hubungan konseling memerlukan empati, sehingga penggunaan media sebaiknya
• terbatas pada usaha perolehan data dan informasi saja;
• Untuk mempergunakan media bimbingan dan konseling perlu diperhatikan budaya yang dimiliki oleh siswa, sehingga pemilihan media bimbingan dan konseling akan efektif;
• Perlu pelatihan atau peningkatan kompetensi konselor dalam menguasai teknologi informasi
Manfaat E-learning
• Pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility).
• Bertambahnya Interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau instruktur (interactivity enhancement).
• Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (global audience).
• Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as
Tidak ada komentar:
Posting Komentar