Rabu, 15 Desember 2010

pekerja Seks Komersial


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
            Penyakit yang terjadi pada wanita yang berhubungan dengan alat reproduksinya sebagian besar kurang mendapat perhatian. Penelitian menunjukkan bahwa angka kejadian penyakit menular ini semakin tinggi karena semakin bebasnya hubungan seksual. Dalam melakukan hubungan seksual sebagian remaja tidak terlindungi dari pengaruh lingkungan, sehingga menjadikan anak tersebut seorang pekerja seks komersial. Namun tidak menutup kemungkinan wanita-wanita yang status ekonominya rendah, ataupun ditinggal pasangannya menjadikan dia sebagai seorang pekerja seks komersial (PSK) lebih sering disebut pelacur. Atau kata yang lebih samar adalah kupu-kupu malam.

            Di Indonesia berdasarkan analisis situasi yang dilakukan oleh seorang aktivis Hak-hak Anak, Mohammad Farid, pada tahun 1998, diperkirakan ada 40.000-70.000 anak-anak yang dilacurkan atau 30% dari jumlah PSK di Indonesia. UNDP mengestimasikan tahun 2003 di Indonesia terdapat 190 ribu hingga 270 ribu pekerja seksual komersial dengan 7 hingga 10 juta pelanggan.

B. Tujuan
            Tujuan dari observasi Pekerja Seks Komersian ( PSK ) adalah :
1. Untuk mengetahui pengetian dari pekerja seks komersial
2. Untuk mengetahui bagaimana pandangan agama terhadap pelacuran
3. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya seks bebas
    pada remaja.

C. Manfaat
            Makalah ini diharapkan agar dapt menjadi salah satu tambahan pengetahuan tentang penyakit-penyakit yang terjadi akibat seks bebas terutama yang dapat terjadi pada pekerja seksual sehingga dapat memberi gambaran remaja agar tidak terjerumus.

BAB II
TINJAUAN TEORI
A. Pengertian Pekerja Seks Komersial

            Pekerja seks komersial adalah seseorang yang menjual jasanya untuk melakukan hubungan seksual untuk uang. Di Indonesia pelacur (pekerja seks komersial) sebagai pelaku pelacuran sering disebut sebagai sundal atau sundel. Ini menunjukkan bahwa prilaku perempuan sundal itu sangat begitu buruk hina dan menjadi musuh masyarakat, mereka kerap digunduli bila tertangkap aparat penegak ketertiban, Mereka juga digusur karena dianggap melecehkan kesucian agama dan mereka juga diseret ke pengadilan karena melanggar hukum. Pekerjaan melacur atau nyundal sudah dikenal di masyarakat sejak berabad lampau ini terbukti dengan banyaknya catatan tercecer seputar mereka dari masa kemasa. Sundal selain meresahkan juga mematikan, karena merekalah yang ditengarai menyebarkan penyakit AIDS akibat perilaku sex bebas tanpa pengaman bernama kondom.
            Pelacur adalah profesi yang menjual jasa untuk memuaskan kebutuhan seksual pelanggan. Biasanya pelayanan ini dalam bentuk menyewakan tubuhnya. Di kalangan masyarakat Indonesia, pelacuran dipandang negatif, dan mereka yang menyewakan atau menjual tubuhnya sering dianggap sebagai sampah masyarakat. Ada pula pihak yang menganggap pelacuran sebagai sesuatu yang buruk, malah jahat, namun toh dibutuhkan (evil necessity). Pandangan ini didasarkan pada anggapan bahwa kehadiran pelacuran bisa menyalurkan nafsu seksual pihak yang membutuhkannya (biasanya kaum laki-laki); tanpa penyaluran itu, dikhawatirkan para pelanggannya justru akan menyerang dan memperkosa kaum perempuan baik-baik. Salah seorang yang mengemukakan pandangan seperti itu adalah Augustinus dari Hippo (354-430), seorang bapak gereja. Ia mengatakan bahwa pelacuran itu ibarat "selokan yang menyalurkan air yang busuk dari kota demi menjaga kesehatan warga kotanya."
            Iistlah pelacur sering diperhalus dengan pekerja seks komersial, wanita tuna susila, istilah lain yang juga mengacu kepada layanan seks komersial. Khusus laki-laki, digunakan istilah gigolo.

B. Pelacuran Menurut Agama
  1. Pelacuran dalam pandangan islam
       Di dalam buku ”sistem Sanksi dalam Islam” menyebutkan sanksi bagi warga negara yang tidak melakukan amar ma’ruf nahi munkar sebagai berikut:
 “Setiap orang yang melihat seseorang melakukan suatu kemungkaran dari kemunkaran kemunkaran dengan terang-terangan di tempat umum, sementara ia mampu untuk menghentikannya dari kemunkaran tersebut—tanpa membahayakan jiwanya, atau menyebabkan bahaya bagi orang lain—namun dia tidak menghentikan (dengan aktivitas penghentian) yang cukup untuk mencegah kemunkaran tersebut, atau membiarkan kemunkaran tersebut, maka kepadanya akan dikenakan sanksi jilid dan penjara sampai 6 bulan”.
Hadisth  bagi pelaku zina menurut pandangan Islam :
a. Bagi pezina yang belum menikah, maka wajib didera 100 kali cambukan, dan boleh diasingkan     selama satu tahun.
Firman Allah:
الزّانِيَةُ وَالزّانى فَاجلِدوا كُلَّ وٰحِدٍ مِنهُما مِا۟ئَةَ جَلدَةٍ ۖ وَلا تَأخُذكُم بِهِما رَأفَةٌ فى دينِ اللَّهِ إِن كُنتُم تُؤمِنونَ بِاللَّهِ وَاليَومِ الءاخِرِ ۖ وَليَشهَد عَذابَهُما طائِفَةٌ مِنَ المُؤمِنينَ.
Artinya :Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, Maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus dali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman. (TQS. An Nur[24];2)
                  Adapun dalil tentang diasingkan selama satu tahun, berdasarkan hadits rasulullah SAW: Artinya: Dari Abu Hurairah r.a: Bahwa Rasulullah SAW menetapkan bagi orang yang berzina tetapi belum menikah diasingkan selama satu tahun, dan dikenai had kepadanya.
      b. Bagi pezina yang sudah menikah maka harus dirajam hingga mati, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:
Bahwa seorang laki-laki berzina dengan perempuan. Nabi SAW memerintahkan menjilidnya, kemudian ada khabar bahwa dia sudah menikah(muhshan) , maka Nabi SAW memerintahkan untuk merajamnya.        
            Untuk memberantas perzinahan, seharusnya negara tidak melokalisasi tempat pelacuran dan memungut pajak nya, akan tetapi menutupnya dan memberi hukuman bagi pezina, mucikari, germo dan organisasi yang menaunginya. Negara harus memberi sanksi dan menindak tegas para mucikari, germo dan orang yang termasuk memfasilitasi orang lain untuk berzina dengan sarana apapun dan dengan cara apapun, baik dengan dirinya sendiri maupun orang lain, tetap akan dikenakan sanksi. Sanksi bagi mereka menurut pandangan Islam adalah penjara 5 tahun dan dijilid. Jika orang tersebut suami atau mahramnya, maka sanksi diperberat menjadi 10 tahun.
            Sedangkan jika germo, mucikari serta fasilitator perzinahan sudah meningkatkan aktifitasnya sampai mendirikan sebuah organisasi untuk mengayomi dan mengorganisir aktifitas perzinanahannya maka Negara harus membubarkan organisasi pelindung perzinahan tersebut dan menghukum mati para pendiri, ketua dan pengurus organisasinya.
2. Pelacuran dalam pandangan hindu
            Dalam pandangan umat Hindu pelacuran sangat sangat dilarang, karena dalam Hindu, tubuh wanita itu ibarat susu kehidupan bagi generasi keberikutnya, mereka yang memperjual belikan susu kehidupan dalam pandangan hindu hukumnya adalah kutukan seumur hidup. Dalam weda sendiri yang merupakan kitab suci umat hindu pelacuran disebutkan sebagai sesuatu yang selain dipantangkan juga akan mendapatkan kutukan sebanyak 7 turunan.

3.  Pelacuran dalam pandangan agama yahudi dan kristen
            Agama Yahudi dan Kristen menyamakan penyembahan terhadap dewa-dewa lain selain kepada Allah sebagai pelacuran. Gambaran ini dapat ditemukan di dalam kitab Nabi Yehezkiel ps. 23 dan kitab Nabi Hosea (1:2-11).
Namun demikian ada pula kisah tentang Rahab, seorang pelacur bangsa Yerikho yang menyelamatkan dua orang mata-mata yang dikirim Yosua untuk mengintai kekuatan Yerikho (Yosua 2:1-14). Dalam kisah ini, Rahab dianggap sebagai pahlawan, dan karena itu ia diselamatkan sementara seluruh kota Yerikho hancur ketika diserang oleh tentara Israel yang dipimpin oleh Yosua. Kitab Yosua mengisahkan demikian: "Demikianlah Rahab, perempuan sundal itu dan keluarganya serta semua orang yang bersama-sama dengan dia dibiarkan hidup oleh Yosua. Maka diamlah perempuan itu di tengah-tengah orang Israel sampai sekarang, karena ia telah menyembunyikan orang suruhan yang disuruh Yosua mengintai Yerikho." (Yosua 6:25).
C. Faktor-faktor pendukung perilaku seks pada remaja
            Pekerja seks komersial kebanyakan terjadi pada remaja yang diawali dengan terjadinya pergaulan kearah seks bebas.dimana menurut para ahli, alasan seorang remaja melakukan seks adalah sebagai berikut :
1) Tekanan yang datang dari teman pergaulannya
            Lingkungan pergaulan yang dimasuki oleh seorang remaja dapat juga berpengaruh untuk menekan temannya yang belum melakukan hubungan seks, bagi remaja tersebut tekanan dari teman-temannyaitu dirasakan lebih kuat dari pada yang didapat dari pacarnya sendiri.
            2) Adanya tekanan dari pacar
            Karena kebutuhan seorang untuk mencintai dan dicintai, seseorang harus rela melakukan apa saja terhadap pasangannya, tanpa memikirkan resiko yang akan dihadapinya. dalam hal ini yang berperan bukan saja nafsu seksual, melainkan juga sikap memberontak terhadap orang tuanya. Remaja lebih membutuhkan suatu hubungan, penerimaan, rasa aman, dan harga diri selayaknya orang dewasa.
            3) Adanya kebutuhan badaniah
            Seks menurut para ahli merupakan kebutuhan dasar yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang, jadi wajar jika semua orang tidak terkecuali remaja, menginginkan hubungan seks ini, sekalipun akibat dari perbuatannya tersebut tidak sepadan dengan resiko yang akan dihadapinya.
            4) Rasa penasaran
            Pada usia remaja. keingintahuannya begitu besar terhadap seks, apalagi jika teman-temannya mengatakan bahwa terasa nikmat, ditambah lagi adanya infomasi yang tidak terbatas masuknya, maka rasa penasaran tersebut semakin mendorong mereka untuk lebih jauh lagi melakukan berbagai macam percobaan sesuai dengan apa yang diharapkan.
            5) Pelampiasan diri
            Factor ini tidak hanya datang dari diri sendiri, misalnya karena terlanjur berbuat, seorang remaja perempuan biasanya berpendapat sudah tidak ada lagi yang dapat dibanggakan dalam dirinya, maka dalam pikirannya tersebut ia akan merasa putus asa dan mencari pelampiasan yang akan menjerumuskannya dalam pergaulan bebas.
            Faktor lainnya datang dari lingkungan keluarga. bagi seorang remaja mungkin aturan yang diterapkan oleh kedua orang tuanya tidak dibuat berdasarkan kepentingan kedua belah pihak (orang tua dan anak), akibatnya remaja tersebut merasa tertekan sehingga ingin membebaskan diri dengan menunjukkan sikap sebagai pemberontak, yang salah satunya dalam masalah seks.
            Untuk mencegah hal-hal yang tidak di kehendaki, perlu ada perhatian dari kita bersama dengan cara memberikan informasi yang cukup mengenai pendidikan seks dan Pendidikan agama,Kalau tidak ada informasi dan pendidikan agama di khawatirkan remaja cendrung menyalah gunakan hasrat seksualnya tanpa kendali dan tanpa pencegahan sama sekali. semua menyedihkan, dan sekaligus berbahaya, hanya karena kurangnya tuntunan seksualitas yang merupakan bagian dari kemanusiaan kita sendiri. Kalau dikaitkan dengan kondisi saat ini maka sudah sewajarnyalah kita mendukung RUU APP.








BAB III
HASIL
1.                         INSTRUMEN PEKERJA SEKS KOMERSIAL ( PSK )

I.                    IDENTITAS DIRI
            Nama                     : Bunga
            T. T. L                   :
            J Kelamin               : Perempuan
           Alamat                    : Tebing tinggi
           Pekerjaan                : Ibu Rumah Tangga
     
II.                 ORANG TUA      
            AYAH                  
                  Nama               : B. Sitompul
                  Umur                : 78 tahun
                  Pekerjaan         : Wiraswasta
                  Alamat             : Rantu Parapat

  IBU                                  
                  Nama               : Ngatini
                  Umur                : Alm
                  Pekerjaan         : Ibu Rumah tangga
                  Alamat             : Tapanuli Utara
           
III.               PENDIDIKAN
           
Tingkat Pendidikan
Tahun lulus
Nama Sekolah
Alamat Sekolah
SD
1975
-
 SIPIROK ( TAPSEL )
SMP
1981
-
SIANTAR
SMA/MA/SMK
1984
-
BINJAI ( LANGKAT )
UNIVERSITAS
1987 ( tidak lulus )
SM. Raja ( Tapanuli Utara )
 Tapanuli Utara

Kursus Yang Diikuti            :
-  Tidak ada

IV.              CIRI KHUSUS/KHARAKTERISTIK RESPONDEN      
                  -  Rambut panjang dan berpirang
                  -  Kulit sawo matang
                  - Agak Gemuk
                  - Hidung pesek
                  - Tubuh agak  Pendek

            DINAMIKA SEBAGAI                :
                  -Sudah berapa lama                  : 1998- 2010
                                                                   (  ± 12 Tahun )
                  - Suka dan Duka                      :  Suka : Mendapat kepuasan jasmani
                                                                     Duka : menjadi bahan ceritaan orang lain
                  - Latar Belakang                       : Karena ditinggal oleh suami dan butuh
                                                                   uang untuk mencukupi kebutuhan anak dan                                                                          sehari-hari

2.
               i.      IDENTITAS DIRI
            Nama                     : Shinta Putri
            T. T. L                   : Medan, 27 Desember 1985
            J Kelamin               : Perempuan
           Alamat                    : Serdang Bedagai
           Pekerjaan                : Penyanyi Cafe
     
             ii.      ORANG TUA
            AYAH                  
                  Nama               : Sutrisno
                  Umur                : 50 tahun
                  Pekerjaan         : Wiraswasta
                  Alamat             : Serdang Bedagai

  IBU                                  
                  Nama               : Jumiah
                  Umur                : 48 tahun
                  Pekerjaan         : Ibu Rumah tangga
                  Alamat             : Serdang Bedagai
           
2.      PENDIDIKAN
       
Tingkat Pendidikan
Tahun lulus
Nama Sekolah
Alamat Sekolah
SD
1992
SD Negeri 1 Tebing Tinggi
Tebing Tinggi
SMP
1995
SMP Negeri 1 Galang
Galang
SMA/MA/SMK
1998
SMA Negeri 2 Serdang Bedagai
Serdang Bedagai
UNIVERSITAS
-
-
-



v     Kursus Yang Diikuti           
            - Menjahit

3.      CIRI KHUSUS/KHARAKTERISTIK RESPONDEN         
                  -  Rambut panjang dan hitam
                  -  Kulit  putih
                  -  Body Sedang
                  -  Hidungnya mancung
                  -  Suaranya lembut dan menawan
                  -  Tubuhnya sexy dan tinggi
                 
                4. DINAMIKA SEBAGAI
                  -Sudah berapa lama                  : 2000- 2010
                                                                   (  ± 10 Tahun )
                  - Suka dan Duka                      : Suka :
                                                                         Mendapat kepuasan dirinya juga                                                                        lawan jenisnya, mendapat imbalan uang
                                                                     Duka :
                                                                         Menjadi bahan ceritaan orang lain, pas                                                                           kerja kadang di kejar-kejar polisi

                  - Latar Belakang                       : Karena kekurangan biaya hidup dikeluarga, selepas tamat dari SMA, saya coba kerja tapi saya bukan dapat pekerjaan, tapi mala dapat siksaan dari orang-orang pemabuk. Setelah kejadian itu saya trauma. Dan ambil kesimpulan untuk kerja sebagai penyanyi Cafe di wilayah Medan. Dan disamping itu saya juga menjalankan pekerjaan seks komersial ( PSK ). Untuk tambahan biaya hidup sehari-hari dikeluarga.  


3
               i.      IDENTITAS DIRI
            Nama                     : Dina
            T. T. L                   : Tebing Tinggi, 4 Februari 1991
            J Kelamin               : Perempuan
           Alamat                    : jln. Bandarsono
           Pekerjaan                : Mahasiswa
     
             ii.      ORANG TUA
            AYAH                  
                  Nama               : Darsono
                  Umur                : 50 tahun
                  Pekerjaan         : Penganguran
                  Alamat             :  Jln. Bandarsono

  IBU                                  
                  Nama               : -
                  Umur                : 48 tahun
                  Pekerjaan         : Penjual nasi Uduk
                  Alamat             : Jln. Bandsrsono
           
4.      PENDIDIKAN
       
Tingkat Pendidikan
Tahun lulus
Nama Sekolah
Alamat Sekolah
SD
2003
SD Negeri 1 Tebing Tinggi
Tebing Tinggi
SMP
2007
SMP Swasta Tamsis
Jl. Bagelen Tebing Tinggi
SMA/MA/SMK
2009
SMA Swasta
Jl. Bagelen Tebing Tinggi
UNIVERSITAS
2010 masih kuliah
STIE
Jl. Bandarsono



v     Kursus Yang Diikuti           
            - Menjahit

5.      CIRI KHUSUS/KHARAKTERISTIK RESPONDEN         
                  -  Rambut panjang dan hitam
                  -  Kulit  putih dan berbulu lebat
                  -  Hidungnya mancung
                  -  Suaranya lembut
                  -  Tubuhnya sexy dan tinggi

                 
                4. DINAMIKA SEBAGAI
                  -Sudah berapa lama                  : 2000- 2010
                                                                   (  ± 1 Tahun )
                  - Suka dan Duka                      : Suka :
                                                                         Mendapat kepuasan diri dan bisa bebas                                                                              clubbing malam dan mendapatkan uang.
                                                                     Duka :
                                                                              Sewaktu kerja bertemu dengan                                                                                           teman kampus dan diperolokkan.

                          - Latar Belakang         :                       Faktor ekonomi dan ingin mencari                                                                                             kebebasan malam dan clubbing dan                                                                                           diajak oleh teman-teman, serta                                                                                      membiayayi kuliah sendiri.
BAB  IV
PENUTUP

A. Kesimpulan
            Pekerja seks komersial adalah seseorang yang menjual jasanya untuk melakukan hubungan seksual untuk uang. Menurut Mohammad Farid, pada tahun 1998, diperkirakan ada 40.000-70.000 anak-anak yang dilacurkan atau 30% dari jumlah PSK di Indonesia. UNDP mengestimasikan tahun 2003 di Indonesia terdapat 190 ribu hingga 270 ribu pekerja seksual komersial dengan 7 hingga 10 juta pelanggan.
            Pekerja seks komersial sangat erat kaitannya dengan seks bebas yang sekarang seringkali ditemukan seks bebas pada remaja yang disebabkan beberapa faktor seperti: Tekanan yang datang dari teman pergaulannya, Adanya tekanan dari pacar, Adanya kebutuhan badaniah, Rasa penasaran, ataupun Pelampiasan diri. Pekerja seksual dengan seks bebas seperti inilah yang sering menularkan penyakit menular seksual kepada orang lain. 80% dari penyakit menular seksul ditularkan oleh pekerja seks komersial. Penyakit mennular seksual ini dapat dicegah dengan mmematahkan salah satu mata rantai penularannya serta memakai kondom dalam berhubungan.

B. Saran
            Hendaklah kita sebagai masyarakat dapat membantu mengurangi penyebaran penyakit menular seksual yang ditularkan oleh pekerja seks komersial dengan cara tetap setia berhubungan pada satu resmi kita. Serta turut serta membatu pemerintah untuk mengontrol remaja-remaja agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas khususnya pergaulan seks bebas.






DAFTAR PUSTAKA



2 komentar:

  1. saya mengucapkan banyak terima kasih kepada aki sUkrO yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama aki sUkrO dan dengan senang hati aki sUkrO mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasi aki sUkrO semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi aki sUkrO DI =081 242 333 760 ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinya dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun yang tercantum dalam internet,itu jangan dipercaya kalau bukan nama aki sUkrO

    apakah anda termasuk yang tercantung di bawah ini.?
    1. Di Lilit Hutang
    2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togei
    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasiikan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…!!!
    Anda sudah berada Di blog yang sangat tepat anda bisa rubah nasib disini dengan angka rit
    al 2D=3D=4D
    Kami akan membantu anda semua dengan Angka 2D 3D atau 4D hAsil Riktual Kami
    Anda Cukup Mengganti Biaya Riktual Angka Nya Saja 300rb Dengan
    cara kirim pulsa 300 ribu di no:081 242 333 760
    kami hanya membantu anda semua dengan Angka ritual Kami..Kami dengan bantuan Supranatural Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat Mengagumkan…Bisa Menerawang Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Otimis Anda bisa Menang…!!!
    Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib Hasil Ritual aki sUkrO 2D,3D,4D di jamin Tembus 100% terimakasih

    BalasHapus
  2. MAJUTOTO
    Silahkan datang dan daftarkan diri anda sekarang juga..
    hanya di sini JP berapapun di bayar.
    discount 29%/59%/66%
    Banyak Promo Menanti Anda!
    * Minimal deposit 50.000 dapatkan bonus sampai dengan 100.000
    * Bonus Next Deposit 5%
    WA : +6282272437922
    LINE : @majutoto
    LINK ALTERNATIF : Jerukpurut.com

    BalasHapus