PROGRAM KEGIATAN BIMBINGAN DAN
KONSELING
SMKNEGERI 3 TEBING TINGGI
TAHUN PELAJARAN 2014-2015
NO.
|
JENIS
KEGIATAN
|
B.
BIMBINGAN
|
F.
LAYANAN
|
TUJUAN KEGIATAN
|
SASARAN
|
1.
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
A.
|
PERSIAPAN
|
|
|
|
|
|
1)
Pembagian
Tugas Guru BK/ Konselor
|
|
|
Pembagian tugas sesuai
dengan jumlah peserta didik asuh
|
Guru
BK
|
|
2)
Evaluasi
Program BK Tahun Lalu
|
|
|
Memperbaiki
program tahun lalu
|
Guru
BK
|
|
3)
Menyusun
program BK
|
|
|
Program BK,
sejlan dengan Progrram dan sekolah
|
Guru
BK
|
|
4)
Konsultasi
Program BK
|
|
|
Program BK
selaras dengan program sekolah
|
Guru
BK
|
|
5)
Pengadaan
Sarana/ Prasarana
|
|
|
Sarana/ Prasarana
tersedia sesuai kebutuhan
|
Guru
BK
|
|
|||||
B.
|
LAYANAN
BK
|
|
|
|
|
|
LAYANAN
ORIENTASI
|
|
|
|
|
|
1)
Pengenalan
BK
|
Belajar
|
Pemahaman
Pencegahan
|
Peserta didik
dapat memahami fungsi pelayanan BK
|
SISWA
|
|
2)
Pengenalan
Fasilitas
|
Pribadi
Sosial
Belajar
|
Pemahaman
|
Peserta didik
dapat memahami fungsi pelayanan BK
|
SISWA
|
|
|||||
|
LAYANAN INFORMASI
|
|
|
|
|
|
1)
Pengenalan
struktur kurikulum dan kalender Akademik
|
Pribadi
Kelompok
|
Pemahaman
|
Peserta didik
memahami struktur kurikulum yang hendak dijalaninya
|
SISWA
|
|
2)
Kriteria
Ketuntasan Minimal, Kenaikan Kelas, Kelulusan
|
Kelompok
|
Pengembangan
|
Peserta didik
dapat mengantisipasi persiapan sesuai rencana masa depan.
|
|
|
|||||
|
LAYANAN PENEPATAN PENYALURAN
|
|
|
|
|
|
1)
Penempatan
dikelas baru
|
Pribadi
Sosial
|
Pemahaman
|
Kelancaran PBM
|
SISWA
|
|
LAYANAN PENGUASAAN KONTEN
|
||||
|
1)
Pembentukan
Kelompok Belajar
|
Belajar
Pribadi
Sosial
|
Pencegahan
|
Membiasakan tutor
sebaya dan membangun kebersamaan
|
SISWA
|
|
2)
Mengembangkan
kebiasaan belajar
|
Belajar
Karier
|
Pengembangan
|
Meningkatkan
kebiasaan belajar mandiri dan mencapai kompetensi dalam pembelajaran
|
SISWA
|
|
|
|
|
|
|
|
LAYANAN KONSELING PERORANGAN
|
||||
|
1)
Mencari
solusi masalah pribadi dalam kehidupan Pribadi dan Sosial
|
Pribadi
Sosial
|
Pemahaman Dan
Pencegahan
|
Memahami masalah
dalam kehidupan pribadi dalam kehidupan pribadi dan sosial
|
SISWA
|
|
2)
Mencari
sosial masalah pribadi dalam kegiatan dan hasil belajar serta karir
|
Belajar
Karier
|
Pengembangan
|
Meningkatkan
hasil belajar dan pengembangan karier
|
SISWA
|
|
|
||||
|
LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK
|
||||
|
1)
Mengembangkan
minat, bakat, hobi denngan membina toleransi dan solidaritas.
|
Pribadi
Sosial
|
Pemahaman
Pencegahan
|
Memahamimasalah
dalam kehidupan pribadi dalam kehidupan pribadi dan sosial
|
SISWA
|
|
2)
Mencari
sosial masalah pribadi dalam pengenalan kegiatan dan hasil belajar serta
karier
|
Belajar
Karier
|
Pengembangan
|
Meninngkatkan
hasil belajar dan ppengembangan karir
|
SISWA
|
|
|||||
|
LAYANAN KONSELING KELOMPOK
|
||||
|
1)
Mencari
solusi masalah dalam kehidupan pribadi dan hubungan sosial
|
Pribadi
Sosial
|
Pemahaman
Pencegahan
|
Memahami masalah
dalam kehidupan pribadi dalam kehidupan pribadi dan sosial
|
SISWA
|
|
2)
Mencarisosial
masalah pribadi dalam pengenalan kegiatan dan hasil belajar seta karir
|
Belajar
Karir
|
Pemahaman
Pencegahan
|
Meningkatkan
hasil belajar dan pengembnagan karir
|
SISWA
|
|
|
||||
|
LAYANAN KONSULTASI
|
||||
|
1)
Pemberdayaann
pihak-pihak pengembangan pribadi, sosial, belajar dan karir
|
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
|
Pemahaman
Pengembangan
|
Meningkatkan
kemampuan peserta didik dalam hal hubungan antar teman
|
SISWA
|
|
2)
Mengembngkan
bakat yang belum kelihatan dapat terekspor
|
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
|
Pemahaman
Pengembangan
|
Meningkatkan
kemampuan peserta didik dalam hal hubungan antar teman
|
SISWA
|
|
|
|
|
|
|
|
LAYANAN MEDIASI
|
||||
|
Upaya mendamaikan pihak-pihak tertentu yang
berselisih
|
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
|
Pencegahan
|
Mendamaikan
pihak-pihak yang berselisih
|
SISWA
|
|
APLIKASI INSTRUMENTASI
|
||||
|
1)
Tes
Intelegensi dan Tes Bakat
|
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
|
Pemahaman
Pengembangan
|
Memahami
kondisidan masalah peserta didik
|
SISWA
|
|
2)
AUM
|
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
|
Pemahaman
|
Mengungkapkan
satu atau lebih kondisi diri peserta
didik
|
SISWA
|
|
|
||||
|
HIMPUNAN DATA
|
||||
|
Menghimpun data
peserta didik secara tepat dan akurat
|
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
|
Pemahaman
|
Mengetahui
perkembangan kondisi pribadi, hubungan sosial, kegiatan belajardan persiapan
karier
|
SISWA
|
|
|
||||
|
KONFRENSI KASUS
|
||||
|
1)
Mendata
peserta didik yang banyak absen, tingkah laku yang menyimpang
|
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
|
Pencegahan
|
Mengetahui
frekuensi absen, bolos peserta didik
dan jenis penyimpangan peserta didik
|
SISWA
|
|
2)
Melakukan
penndekatan kepada peserta didik yang mengalami masalah
|
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
|
Pencehahan
|
Mengetahui
penyebab absen, bolos/ penyimpangan dan mencari solusinya
|
SISWA
|
|
KUNJUNGAN RUMAH
|
||||
|
Mengunjungi rumah tinggal peserta didik
|
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
|
Pemahaman
Pengembangan
|
Menemukan
satuatau lebih masalah peserta didik untuk dibicarakan dengan orangtua/
keluarga
|
SISWA
|
|
|
||||
|
TAMPILAN KEPUSTAKAAN
|
||||
|
Menampilakan materi
bacaan, rekaman vidio, tentang
perkembangan dan kehidupan orang sukses berprestasi
|
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
|
Pengembnagan
Dan
Motivasi
|
Memotivasi
peserta didik untuk dapat menngembangkan bakat, minat, dan hasil
kegiatanbelajarnya.
|
SISWA
|
|
|
||||
|
AHLI TANGAN KASUS
|
||||
|
Meminta penangan
dari pihak lain yang bersangkutan dan berkewenangan
|
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
|
Pencegahan
|
Menyelesaikan
masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh guru BK
|
SISWA
|
C.
|
EVALUASI
|
|
|
Hasil evaluasi
untuk di analisa
|
Guru
BK
|
D.
|
ANALISA
|
|
|
Analis hasil
Evaluasi untuk perbaikan dan pengembangan program
|
Guru
BK
|
E.
|
TINDAK
LANJUT
|
|
|
Memperbaikipelkasanaan
program
|
Guru
BK
|
Mengetahui T. Tinggi, JULI
2014
Kepala
Sekolah Guru
Pembimbing
DRA. ISMAWATI LINDA ARSANI DAULAY,
S.Ag
NIP. 19650604 199412 2
001 NIP. 19720415 200604 2
002
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(01)
MENCAPAI KEMATANGAN
DALAM BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA TUHAN YME
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
TEBING TINGGI
B.
BIMBINGAN : PRIBADI
& SOSIAL
J.
LAYANAN :
ORIENTASI
F.
LAYANAN : PEMAHAMAN
WAKTU : 1 X 45 ‘
KELAS/
SEMESTER : 10/
GANJIL
T.
A :
2014/2015
a.
Bahasan
/ topik permasalahan : SEKOLAHKU
b.
Kompetensi
Dasar : Siswa
mampu mengenal sekolah dengan benar, bersikap
Terpelajar, dan mampu beradaptasi secara
bertanggung jawab, serta menjadi warga sekolah yang baik sebagai bukti pribadi
yang beriman, dan berakhlak mulia.
c.
Uraian
Kegiatan :
1 Strategi Penyajian : Siswa dibagi
menjadi beberapa
kelompok
untuk mendiskusikan materi sekolah
2. Materi
: Sekolah di SMK, Pentingnya
keseriusan dalam belajar
d. Hasil yang
ingin dicapai : 1.
Menyadari proses masuk sekolah di SMK sebagai
lingkungan
hidup yang penting bagi perkembangan diri
2. mengenal sekolah
sebagai sarana penyesuaian diri untuk mengembangkan aspek intelektual, sikap,
dan keterampilan
e.
Tempat Penyelenggaran :
Ruang Kelas/ Lingkungan Sekolah
f.
Pihak Yang Disertakan :
Staf sekolah, Guru, Pembina Osis, PKS Kesiswaan
g.
Alat/ Media :
Data Inventaris sekolah & Sarana-Prasarana/
Stuktur Organisasi Sekolah
h.
Rencana Penilaian/TindakLanjut :
EVALUASI DIRI
i.
Catatan Khusus :
-
Mengetahui T.
Tinggi, JULI 2014
Kepala
Sekolah Guru
Pembimbing
Dra .
ISMAWATI FENI
WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP.
19650604 199412 2 001 NIP.
–
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(02)
MENCAPAI KEMATANGAN
DALAM BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA TUHAN YME DENGAN BERSYUKUR DILEMBAGA YANG
TERTIB DAN DISIPLIN
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
TEBING TINGGI
B.
BIMBINGAN : PRIBADI
& SOSIAL
J.
LAYANAN :
ORIENTASI
F.
LAYANAN : PEMAHAMAN
WAKTU : 1 X 45 ‘
KELAS/
SEMESTER : 10/
GANJIL
T.
A :
2014/2015
a.
Bahasan
/ topik permasalahan : TATA TERTIB SEKOLAH
b.
Kompetensi
Dasar : Siswa
mampu mengenal sekolah dan bersedia
Melaksanakan
tata tertib sekolah yang berlaku secara benar dan bertanggung jawab sehingga tercapai
keseimbanngan yang dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan PBM sebagai bukti
pribadi yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia.
c.
Uraian
Kegiatan :
1 Strategi Penyajian : Siswa dibagi
menjadi beberapa
kelompok
untuk mendiskusikan Tata Tertib di SMKN 3
2. Materi
: Untuk apa ada tata tertib ? Tata Tertib disekolah, Hak dan Kewajiban
Siswa.
d. Hasil yang ingin dicapai : 1. Menyadari arti penting tata tertib dalam
kehidupan sehari-hari sehingga terhindar dari perilaku yang tidak dikehnadaki
oleh aturan yang berlaku.
2. melaksanakan tata tertib yang berlaku di
sekolah sehinngga dapat mendukung proses pembelajaran dan berprilaku yyang
terpuji sebagai anggota masyarakat sekolah.
e. Tempat Penyelenggaran : Ruang Kelas/ Lingkungan Sekolah
f. Pihak Yang
Disertakan : Staf
sekolah, Guru, Pembina Osis, PKS Kesiswaan
g. Alat/ Media :
Tata Tertib SMKN 2 & Sarana-Prasarana/
h. Rencana Penilaian/TindakLanjut : EVALUASI DIRI
i. Catatan Khusus :
-
Mengetahui T.
Tinggi, JULI 2014
Kepala
SMKN 3 T.Tinggi Guru
Pembimbing
Dra .
ISMAWATI FENI
WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP.
19650604 199412 2 001 NIP. –
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(03)
MENCAPAI KEMATANGAN
DALAM BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA TUHAN YME DENGAN CARA MEMPERSIAPKAN MASA
DEPAN
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
TEBING TINGGI
B.
BIMBINGAN : PRIBADI
& SOSIAL
J.
LAYANAN :
ORIENTASI
F.
LAYANAN : PEMAHAMAN
WAKTU : 1 X 45 ‘
KELAS/
SEMESTER : 10/
GANJIL
T.
A :
2014/2015
a.
Bahasan
/ topik permasalahan : SIAPA AKU
b.
Kompetensi
Dasar : Siswa
mampu memahami diri dalam hal pengenalan
diri, maksud dan tujuan hidup, serta menniti
diri untuk
kehidupan
yang akan datang sehingga mencapai
kematangan dalam gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara
emosional, sosial, intelektual, dan ekonomi.
c.
Uraian
Kegiatan :
1 Strategi Penyajian : Siswa dibagi
menjadi beberapa
kelompok
2. Materi
: Siapa Aku, Untuk Apa Aku Lahir dan Hidup, & Menjadi apakah Aku
nanti
d. Hasil yang ingin dicapai : 1. Mengenal diri sehingga dapat bersikap secara
tepat dalam kehidupan sehari-hari
2. mengetahui tujuan hidupdari masa kecil,
remaja, dan dewasa sehingga menyadari akan pentingnya mengisi kehidupan dengan
hal-hal yang bermanfaat dan bijaksana.
3.
Mempersiapkan diri menyongsosng masa depan dengan memotivasi dan
langkah-langkah yang tepat sehingga mencapai.
e. Tempat Penyelenggaran : Ruang Kelas/ Lingkungan Sekolah
f. Pihak Yang
Disertakan : Siswa
g. Alat/ Media :
Gambar
h. Rencana Penilaian/TindakLanjut : -
i. Catatan Khusus :
-
Mengetahui T.
Tinggi, JULI 2014
Kepala
SMKN 3 T.Tinggi Guru
Pembimbing
Dra .
ISMAWATI FENI
WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP.
19650604 199412 2 001 NIP. –
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(04)
MENCAPAI KEMATANGAN
DALAM BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA TUHAN YME DENGAN MENSYUKURI ANUGERAH
KECERDASAN
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
TEBING TINGGI
B.
BIMBINGAN : PRIBADI
& SOSIAL
J.
LAYANAN :
ORIENTASI
F.
LAYANAN : PEMAHAMAN
WAKTU : 1 X 45 ‘
KELAS/
SEMESTER : 10/
GANJIL
T.
A :
2014/2015
a.
Bahasan
/ topik permasalahan : MENGENAL 8 KECERDASAN MANUSIA
b.
Kompetensi
Dasar : Siswa
mampu mengenal berbagai macam kecerdasan
manusia
dan memahami kecerdasan dirinya yang telah diberikan Tuhan YME secara
Cuma-Cuma, serta menerapkannya secara bertanggung jawab sebagai bukti manusia
yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia.
c.
Uraian
Kegiatan :
1 Strategi Penyajian : Siswa dibagi
menjadi beberapa
kelompok
2. Materi
: Anugerah Gratis,Aneka Macam
kecerdasan manusia, Mau memahami perbedaan kecerdasan
d. Hasil yang ingin dicapai : 1. Bersyukur atas anugerah kecerdasan secara
gratis dari Tuhan dan memanfatkan & mengembangkan secara seimbang dan
bertanggung jawab agar hidup menjadi lebih bermakna
2. mengenal aneka macam kecerdasan manusia pada
umumnya dan kecerdasan diri pada khususnya sehingga mngembangkannya untuk
membantu kehidupannya menjadi lebih baik
e. Tempat Penyelenggaran : Ruang Kelas
f. Pihak Yang
Disertakan :
Siswa yang memiliki kecerdasan tertentu
g. Alat/ Media : Biografi-
tokoh yang memiliki kecerdasan tertentu
h. Rencana Penilaian/TindakLanjut : -
i. Catatan Khusus :
-
Mengetahui T.
Tinggi, JULI 2014
Kepala
SMKN 3 T.Tinggi Guru
Pembimbing
Dra .
ISMAWATI FENI
WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP.
19650604 199412 2 001 NIP. –
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(05)
MENCAPAI KEMATANGAN
TENTANG GAMBARAN DAN SIKAP KEHIDUPAN MANDIRI SECARA EMOSIONAL, SOSIAL,
INTELEKTUAL, DAN EKONOMI SEHINGGA MENJADI BEKAL YANG BAIK UNTUK MENJADI PRIBADI
YANG BAIK
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
TEBING TINGGI
B.
BIMBINGAN : PRIBADI
& SOSIAL
J.
LAYANAN :
ORIENTASI
F.
LAYANAN : PEMAHAMAN
WAKTU : 1 X 45 ‘
KELAS/
SEMESTER : 10/
GANJIL
T.
A :
2014/2015
a.
Bahasan
/ topik permasalahan : KONSEP DIRI REMAJA
b.
Kompetensi
Dasar : Siswa mampu
menggambarkan diri secara positif
sehingga
dapat mencapai berbagai kemandirian yang dibutuhkan dalam hidupnya berdasarkan
sistem nilai etika yang berlaku sehingga tingkah lakunya dapat diterima oleh
masyarakat
.
c.
Uraian
Kegiatan :
1 Strategi Penyajian : Siswa dibagi
menjadi beberapa
kelompok
2. Materi
: Konsep Diri dan remaja,
Pengertian dan Konsep diri, Faktor-faktor yang mempengaruhi, usaha
mengembangkan konsep diri remaja
d. Hasil yang ingin dicapai : 1. Menilai diri secara positif sebagai remaja agar
hidupnya menjadi semakin bermakna
2. memahami berbagai pengertian dan macam-
konsep diri sehingga dapat bersikap dengan tepat untuk menetapkan konsep
dirinya dan mampu menerapkan dalam hidup sehari-hari
e. Tempat Penyelenggaran : Ruang Kelas
f. Pihak Yang Disertakan :
salah satu guru yang menonjol dalam aspek konsep dirinya
g. Alat/ Media : Film/
Gambar kisah tokoh khusus
h. Rencana Penilaian/TindakLanjut : -
i. Catatan Khusus :
-
Mengetahui T.
Tinggi, JULI 2014
Kepala
SMKN 3 T.Tinggi Guru
Pembimbing
Dra .
ISMAWATI FENI
WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP.
19650604 199412 2 001 NIP. –
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(07)
MENCAPAI KEMATANGAN
DALAM HUBUNGAN ANTAR TEMAN SEBAYA DAN PERANNYA SEBAGAI PRIA DAN WANITA SEHINGGA
TERJADI KOMUNIKASI YANG MENGUNTUNGKAN
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
TEBING TINGGI
B.
BIMBINGAN : PRIBADI
& SOSIAL
J.
LAYANAN :
ORIENTASI
F.
LAYANAN : PEMAHAMAN
WAKTU : 1 X 45 ‘
KELAS/
SEMESTER : 10/
GANJIL
T.
A :
2014/2015
a.
Bahasan
/ topik permasalahan : KOMUNIKASI & HUBUNGAN ANTAR
PRIBADI
b.
Kompetensi
Dasar : Siswa
mampu berkomunikasi secara efektif kepada
Sesamanya
dengan menggunakan kemampuan diri dan sarana komunikasi yang berkembang
dimasyarakat sehingga memberi makna yang bermanfaat bagi hidupnya.
c.
Uraian
Kegiatan :
1 Strategi Penyajian : Siswa dibagi
menjadi beberapa
kelompok
2. Materi
: Pengertia Komunikasi, Komunikasi antar pribadi, Komunikasi yang
efektif
d. Hasil yang ingin dicapai : 1. Memahami arti penting berkomunikasi bersama
orang lain sebagai kebutuhan sehari-hari
2.
mengerti tentang sasaran berkomunikasi sehingga dpat mengambil makna yang
bermanfaat bagi lingkungannya.
3.
melaksanakan komunikasi antar pribadi sehingga terjalin hhubungan sampai pada
tahap yang lebih berkualitas
e. Tempat Penyelenggaran : Ruang Kelas
f. Pihak Yang Disertakan :
SISWA
g. Alat/ Media : Film/
Gambar
h. Rencana Penilaian/TindakLanjut : -
i. Catatan Khusus :
-
Mengetahui T.
Tinggi, JULI 2014
Kepala
SMKN 3 T.Tinggi Guru
Pembimbing
Dra .
ISMAWATI FENI
WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP.
19650604 199412 2 001 NIP. –
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(01)
MENCAPAI KEMATANGAN
DALAM MENGEMBANGKAN PENGGUASAAN ILMU, TEKNOLOGI, & SENI SESUAI DENGAN
PERSIAPAN KARIR
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
TEBING TINGGI
B.
BIMBINGAN : BELAJAR
J.
LAYANAN :
INFORMASI
F.
LAYANAN : PEMAHAMAN,
KURATIF& PENGEMBANGAN
WAKTU : 1 X 45 ‘
KELAS/
SEMESTER : 11/
GANJIL
T.
A :
2014/2015
a.
Bahasan
/ topik permasalahan : MAKNA BELAJAR
b.
Kompetensi
Dasar : Siswa mampu
menghayati makna belajar sebagai
pelajar
untuk mencapai keberhasilan belajar mendasari pencapaian masa depan yang
diharapkan
c.
Uraian
Kegiatan :
1 Strategi Penyajian : Siswa dibagi menjadi
beberapa
kelompok
2. Materi
: pengertian Belajar, Strategi Belajar
d. Hasil yang ingin dicapai : 1. Memahami pengertian belajar dengan benar
sehingga memaknainya dengan tepat dalam kehidupan sehari-hari sebagai pelajar
2.
melaksanakan strategi belajar yang efektif demi pencapaian keberhasilan dan
pencapaian masa depan yang diinginkan
e. Tempat Penyelenggaran : Ruang Kelas
f. Pihak Yang Disertakan :
Siswa Tertntu
g. Alat/ Media : Skema
tentang belajar
h. Rencana Penilaian/TindakLanjut : -
i. Catatan Khusus :
-
Mengetahui T.
Tinggi, JULI 2014
Kepala
SMKN 3 T.Tinggi Guru
Pembimbing
Dra .
ISMAWATI FENI
WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP.
19650604 199412 2 001 NIP. –
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(06)
MENCAPAI KEMATANGAN
TENTANG GAMBARAN DAN SIKAP KEHIDUPAN MANDIRI SECARA EMOSIONAL, SOSIAL,
INTELEKTUAL, DAN EKONOMI DENGAN CARA MENJADI PRIBADI YANG MEMILIKI MOTIVASI
YANG KUAT UNTUK BERPRESTASI
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
TEBING TINGGI
B.
BIMBINGAN : PRIBADI
& SOSIAL
J.
LAYANAN :
ORIENTASI
F.
LAYANAN : PEMAHAMAN
WAKTU : 1 X 45 ‘
KELAS/
SEMESTER : 10/
GANJIL
T.
A :
2014/2015
a.
Bahasan
/ topik permasalahan : MOTIVASI DASAR PRESTASI
b.
Kompetensi
Dasar : Siswa
mampu memotivasi diri untuk belajar sehingga
berhasil dan berprestasi dalam hidupnya
.
c.
Uraian
Kegiatan :
1 Strategi Penyajian : Siswa dibagi
menjadi beberapa
kelompok
2. Materi
: pentingnya motivasi, faktor-faktor yang mempengaruhi, cara
mempertahankan motivasi, kategori motivasi belajar, 2 pola belajar
d. Hasil yang ingin dicapai : 1. Memahami arti penting motivasi untuk melakukan
sesuatu, terutama belajar
2. mengenal berbagai faktor yang berpengaruh
terhadap motivasi belajar untuk dijadikan alat evaluasi dalam hal belajar dan
peningkatan prestasi belajar
3. memilih secara sadar tentang pola belajar
yang akan dilaksanakannya untuk meraih keberhasilan/pretasi belajar
e. Tempat Penyelenggaran : Ruang Kelas
f. Pihak Yang Disertakan :
salah satu guru yang menonjol dalam aspek konsep dirinya
g. Alat/ Media : Film/
Gambar kisah tokoh khusus
h. Rencana Penilaian/TindakLanjut : -
i. Catatan Khusus :
-
Mengetahui T.
Tinggi, JULI 2014
Kepala
Sekolah Guru
Pembimbing
Dra .
ISMAWATI FENI
WULANDARY HRP, S.Pd
NIP.
19650604 199412 2 001 NIP.
-
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(02)
MENCAPAI KEMATANGAN
DALAM PENGUASAAN IPTEKS SESUAI DENGAN PROGRAM KURIKULUM & PERSIAPAN KARIR
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
TEBING TINGGI
B.
BIMBINGAN : BELAJAR
J.
LAYANAN :
INFORMASI
F.
LAYANAN : PEMAHAMAN,
KURATIF& PENGEMBANGAN
WAKTU : 1 X 45 ‘
KELAS/
SEMESTER : 11/
GANJIL
T.
A :
2014/2015
a.
Bahasan
/ topik permasalahan : PRINSIP & GAYA BELAJAR
b.
Kompetensi
Dasar : Siswa
mampu menghayati prinsip dan gaya belajar
Sebagai pelajar untuk mencapai keberhasilan
belajar yang mendasari pencapaian optimal potensi diri
c.
Uraian
Kegiatan :
1 Strategi Penyajian : Siswa dibagi
menjadi beberapa
kelompok
2. Materi
: mengenal otak kita, prinsip belajar, gaya belajar, modalitas
belajar& ciri-cirinya, jurus belajar yang efisien dan efektif
d. Hasil yang ingin dicapai : 1. Mengoptimalkan peran otak sendiri dalam rangka
mencapai keseimbangan hidup dan pencapaian optimal potensi diri
2.
mengenal prinsip belajar
3.
melaksanakan jurus belajar yang efektif & efisien
e. Tempat Penyelenggaran : Ruang Kelas
f. Pihak Yang Disertakan :
(disesuaikan )
g. Alat/ Media : Skema
tentang gaya belajar
h. Rencana Penilaian/TindakLanjut : -
i. Catatan Khusus :
-
Mengetahui T.
Tinggi, JULI 2014
Kepala
Sekolah Guru
Pembimbing
Dra.
ISMAWATI FENI
WULANDARY HRP, S.Pd
NIP.
19650604 199412 2 001 NIP.
-
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(03)
MENCAPAI KEMATANGAN
DALAM BERTINGKAH LAKU DENGAN MEMANFAATKAN WAKTU SECARA EFEKTIF & PRODUKTIF
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
TEBING TINGGI
B.
BIMBINGAN : BELAJAR
J.
LAYANAN :
INFORMASI
F.
LAYANAN : PEMAHAMAN,
KURATIF& PENGEMBANGAN
WAKTU : 1 X 45 ‘
KELAS/
SEMESTER : 11/
GANJIL
T.
A :
2014/2015
a.
Bahasan
/ topik permasalahan : MEMANAGE WAKTU
b.
Kompetensi
Dasar : Siswa
mampu menghargai waktu dan memanfatkan
dengan benar
c.
Uraian
Kegiatan :
1 Strategi Penyajian : Siswa dibagi
menjadi beberapa
kelompok
2. Materi
: Pentingnya mngatur Waktu, mengenal manajemen waktu, membangun
kebiasaan mengatur waktu
d. Hasil yang ingin dicapai : 1. Mengerti arti penting mengatur waktu sehingga
dapat dimanfaatkan secara optimal
2.
terbiasa mengatur atau mengisi waktuu secara efektif menjadi bagian penting
kehidupan sehari- hari
f. Pihak Yang Disertakan :
(disesuaikan )
g. Alat/ Media : Skema pembagian
waktu
h. Rencana Penilaian/TindakLanjut : -
i. Catatan Khusus :
-
Mengetahui T.
Tinggi, JULI 2014
Kepala
Sekolah Guru
Pembimbing
Dra.
ISMAWATI FENI
WULANDARY HRP, S.Pd
NIP.
19650604 199412 2 001 NIP.
-
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(04)
MENCAPAI KEMATANGAN
DALAM BERIMAN & BERSYUKUR ATAS ANUGERAH BAKAT, KEMAMPUAN & PRESTASI
YANG DIMILIKI
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
TEBING TINGGI
B.
BIMBINGAN : BELAJAR
J.
LAYANAN :
INFORMASI
F.
LAYANAN : PEMAHAMAN,
KURATIF& PENGEMBANGAN
WAKTU : 1 X 45 ‘
KELAS/
SEMESTER : 11/
GANJIL
T.
A :
2014/2015
a.
Bahasan
/ topik permasalahan : AKU MELIHAT BAKAT
b.
Kompetensi
Dasar : Siswa
mampu melihat bakat, kemampuan, dan prestasi
diri
yang perlu di syukuri dan dikembangkan untuk meningkatkan mutu kehidupannya.
c.
Uraian
Kegiatan :
1 Strategi Penyajian : Siswa dibagi
menjadi beberapa
kelompok
2. Materi
: faktor-faktor yang mempengaruhi bakat & prestasi, faktor-faktor
yang mempengaruhi cita-cita.
d. Hasil yang ingin dicapai : 1. Mengenal bakat, kemampuan, dan prestasi diri
sehingga mau mengembangkannya untuk mencapai pencapaian diri yang optimal
2.
mengenal bakat umum dan bakat khusus sehingga mampu membedakannya dan
mengembangkan masing-masing.
e. Pihak Yang Disertakan :
(disesuaikan )
f . Alat/ Media : Tes Bakat/
gambar atau tayangan tentang orang yang berbakat
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut : -
h. Catatan Khusus :
-
Mengetahui T.
Tinggi, JULI 2014
Kepala
Sekolah Guru
Pembimbing
Dra.
ISMAWATI FENI
WULANDARY HRP, S.Pd
NIP.
19650604 199412 2 001 NIP.
-
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(05)
MENCAPAI KEMATANGAN
DALAM BERIMAN & BERTAQWA KEPADA TUHAN YME ATAS ANUGERAH BAKAT, KEMAMPUAN,
& PRESTASI YANG DIMILIKI
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
TEBING TINGGI
B.
BIMBINGAN : BELAJAR
J.
LAYANAN :
INFORMASI
F.
LAYANAN : PEMAHAMAN,
KURATIF& PENGEMBANGAN
WAKTU : 1 X 45 ‘
KELAS/
SEMESTER : 11/
GANJIL
T.
A :
2014/2015
a.
Bahasan
/ topik permasalahan : ETIKA PERGAULAN
b.
Kompetensi
Dasar : Siswa
mampu hidup bersama orang lain yang
mendasarkan diri pada etika pergaulan
.
c.
Uraian
Kegiatan :
1 Strategi Penyajian : Siswa dibagi
menjadi beberapa
kelompok
2. Materi
: faktor-faktor yang mempengaruhi bakat & prestasi, faktor-faktor
yang mempengaruhi cita-cita.
d. Hasil yang ingin dicapai : 1. Mengenal bakat, kemampuan, dan prestasi diri
sehingga mau mengembangkannya untuk mencapai pencapaian diri yang optimal
2.
mengenal bakat umum dan bakat khusus sehingga mampu membedakannya dan
mengembangkan masing-masing.
e. Pihak Yang Disertakan :
(disesuaikan )
f . Alat/ Media : Tes Bakat/
gambar atau tayangan tentang orang yang berbakat
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut : -
h. Catatan Khusus :
-
Mengetahui T.
Tinggi, JULI 2014
Kepala
Sekolah Guru
Pembimbing
Dra.
ISMAWATI FENI
WULANDARY HRP, S.Pd
NIP.
19650604 199412 2 001 NIP.
-
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(06)
MENCAPAI KEMATANGAN
DALAM BERIMAN HUBUNGAN ANTAR TEMAN SEBAYA BAIK PRIA MAUPUN WANITA SERTA
KEMATANGAN DALAM PERANNYA SEBAGAI PRIA& WANITA
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
TEBING TINGGI
B.
BIMBINGAN : BELAJAR
J.
LAYANAN :
INFORMASI
F.
LAYANAN : PEMAHAMAN,
KURATIF& PENGEMBANGAN
WAKTU : 1 X 45 ‘
KELAS/
SEMESTER : 11/
GANJIL
T.
A :
2014/2015
a.
Bahasan
/ topik permasalahan : PERGAULAN SEHARI-HARI REMAJA
b.
Kompetensi
Dasar : siswa
mampu bergaul secara efektif sebagai remaja
sehingga
mendapatkan manfaat bagi perkembangan dirinya.
.
c.
Uraian
Kegiatan :
1 Strategi Penyajian : Siswa dibagi
menjadi beberapa
kelompok
2. Materi
: Aspek yang mempengaruhi pergaulan remaja, prinsip dasar pergaulan yang
sehat, tips pertemanan terjalin langgeng
d. Hasil yang ingin dicapai : 1.Memahami tentang arti penting pergaulan
sehari-hari sebagai remaja
2.
memahami faktor yang mempengaruhi pergaulan remaja sehingga dapat bergaul
secara efektif dalam kehidupan sehari-hari
.
e. Pihak Yang Disertakan :
(disesuaikan )
f . Alat/ Media : Gambar
tentang pergaulan remaja
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut : -
h. Catatan Khusus :
-
Mengetahui T.
Tinggi, JULI 2014
Kepala
Sekolah Guru
Pembimbing
Dra.
ISMAWATI FENI
WULANDARY HRP, S.Pd
NIP.
19650604 199412 2 001 NIP.
-
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(07)
MENCAPAI KEMATANGAN
DALAM BERIMAN & BERTAQWA KEPADA TUHAN YME DENGAN CARA MENJADI PEMIMPIN YANG
BERAKHLAK MULIA
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
TEBING TINGGI
B.
BIMBINGAN : BELAJAR
J.
LAYANAN :
INFORMASI
F.
LAYANAN : PEMAHAMAN,
KURATIF& PENGEMBANGAN
WAKTU : 1 X 45 ‘
KELAS/
SEMESTER : 11/
GANJIL
T.
A :
2014/2015
a.
Bahasan
/ topik permasalahan : KEPEMIMPINAN REMAJA
b.
Kompetensi
Dasar :
Siswa mampu melaksanakan kepemimpinan remaja
yang
efektif dan efisien/ sesuai karakter seorang pemimpin handal.
c.
Uraian
Kegiatan :
1 Strategi Penyajian : Siswa dibagi
menjadi beberapa
kelompok
2. Materi
: pengertian kepemimpinan dan pemimpin, karakterseorang pemimpin, remaja
pemimpin masa depan, prinsip kepemimpinan remaja
d. Hasil yang ingin dicapai : 1. Memahami arti kepemimpinan dan pemimpin
sehingga dapat membedakan maknanya masing-masing
2.
mengenal karakter yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin sehingga dapat mengenal
karakter dirinya dalam kepemimpinan.
3.
melaksanakan kepemimpinan dengan prinsip-prinsip kepemimpinan remaja sehingga
proses dan hasilnyasesuai dengan yang diinginkan.
e. Pihak Yang Disertakan :
pengurus kelas, tokoh pemimpin
f . Alat/ Media : games,
skema pola kerja
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut : -
h. Catatan Khusus :
-
Mengetahui T.
Tinggi, JULI 2014
Kepala
Sekolah Guru
Pembimbing
Dra.
ISMAWATI FENI
WULANDARY HRP, S.Pd
NIP.
19650604 199412 2 001 NIP.
-
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(01)
MENCAPAI KEMATANGAN
DALAM BERIMAN & BERTAQWA KEPADA TUHAN YME DENGAN CARA MENJADI PEMIMPIN YANG
BERAKHLAK MULIA
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
TEBING TINGGI
B.
BIMBINGAN : PRIBADI & SOSIAL
J.
LAYANAN :
INFORMASI, KONSELING PERORANGAN(INDIVIDU)
F.
LAYANAN : PEMAHAMAN,
KURATIF& PENGEMBANGAN
WAKTU : 1 X 45 ‘
KELAS/
SEMESTER : 12/
GANJIL
T.
A :
2014/2015
a.
Bahasan
/ topik permasalahan : ANEKA KEMAMPUAN
b.
Kompetensi
Dasar : Siswa
mampu bersyaukur atas anugerah aneka
kemampuan
kemampuan yang dimiliki dan memanfaatkan secara efektif dan produktif
c.
Uraian
Kegiatan :
1 Strategi Penyajian : Siswa dibagi
menjadi beberapa
kelompok
2. Materi
: mengetahui perbedaan kemampuanUmum (IQ) dan Kemampuan Khusus ( Bakat)
d. Hasil yang ingin dicapai : 1. Mengenal kemampuan umum yang dimiliki
untukdimanfaatkan semaksimal mungkin dalam rangka mengembangkan kemampuan
intelktual dan pengetahuan yang diperlukan dalam hidupnya.
2.
mengenal kemampuan khusus yang dimiliki untuk dimanfatkan semaksimal mungkin
dalam rangka mengembangkan kemampuan
bakat yang diperlukan dalam hidupnya.
e. Pihak Yang Disertakan :
Siswa
f . Alat/ Media : games,gambar
tokoh Albert Einsten dalam
Disleksia
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut : -
h. Catatan Khusus :
-
Mengetahui T.
Tinggi, JULI 2014
Kepala
SMKN 3 T.Tinggi Guru
Pembimbing
Dra .
ISMAWATI FENI
WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP.
19650604 199412 2 001 NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(01)
MENCAPAI KEMATANGAN
DALAM BERIMAN & BERTAQWA KEPADA TUHAN YME DENGAN CARA MENJADI PEMIMPIN YANG
BERAKHLAK MULIA
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
TEBING TINGGI
B.
BIMBINGAN : PRIBADI & SOSIAL
J.
LAYANAN :
INFORMASI, KONSELING PERORANGAN(INDIVIDU)
F.
LAYANAN : PEMAHAMAN,
KURATIF& PENGEMBANGAN
WAKTU : 1 X 45 ‘
KELAS/
SEMESTER : 12/
GANJIL
T.
A :
2014/2015
a.
Bahasan
/ topik permasalahan : ANEKA KEMAMPUAN
b.
Kompetensi
Dasar : Siswa
mampu bersyaukur atas anugerah aneka
kemampuan
kemampuan yang dimiliki dan memanfaatkan secara efektif dan produktif
c.
Uraian
Kegiatan :
1 Strategi Penyajian : Siswa dibagi
menjadi beberapa
kelompok
2. Materi
: mengetahui perbedaan kemampuanUmum (IQ) dan Kemampuan Khusus ( Bakat)
d. Hasil yang ingin dicapai : 1. Mengenal kemampuan umum yang dimiliki
untukdimanfaatkan semaksimal mungkin dalam rangka mengembangkan kemampuan intelktual
dan pengetahuan yang diperlukan dalam hidupnya.
2.
mengenal kemampuan khusus yang dimiliki untuk dimanfatkan semaksimal mungkin
dalam rangka mengembangkan kemampuan
bakat yang diperlukan dalam hidupnya.
e. Pihak Yang Disertakan : Siswa
f . Alat/ Media :
games,gambar tokoh Albert Einsten dalam
Disleksia
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut : -
h. Catatan Khusus :
-
Mengetahui T.
Tinggi, JULI 2014
Kepala
SMKN 3 T.Tinggi Guru
Pembimbing
Dra .
ISMAWATI FENI
WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP.
19650604 199412 2 001 NIP. –
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(02)
MENCAPAI KEMATANGAN
DALAM BERIMAN & BERTAQWA KEPADA TUHAN YME DENGAN CARA MENJADI PEMIMPIN YANG
BERAKHLAK MULIA
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
TEBING TINGGI
B.
BIMBINGAN : PRIBADI & SOSIAL
J.
LAYANAN :
INFORMASI, KONSELING PERORANGAN(INDIVIDU)
F.
LAYANAN : PEMAHAMAN,
KURATIF& PENGEMBANGAN
WAKTU : 1 X 45 ‘
KELAS/
SEMESTER : 12/
GANJIL
T.
A :
2014/2015
a.
Bahasan
/ topik permasalahan : HUBUNGAN ESQ&MASA DEPAN
b.
Kompetensi
Dasar : Siswa
mampu memahami bahwa hubungan ESQ itu
menjadi dasar yang bagi masa depan seseorang
c.
Uraian
Kegiatan :
1 Strategi Penyajian : Siswa dibagi
menjadi beberapa
kelompok
2. Materi
:hubungan ESQ dan Masa Depan, Emotional Equoitent (EQ), Spritual
Equotient ( SQ),
d. Hasil yang ingin dicapai : 1. Memahami arti penting EQ bagi perkembangan
kualitas diri dan keberhasilan hidup seseorang di masa depannya.
2.
memahami arti penting SQ bagi perkembangan kualitas diri dan keberhasilan hidup
seseorang.
e. Pihak Yang Disertakan : Siswa
f . Alat/ Media : -
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut : -
h. Catatan Khusus :
-
Mengetahui T.
Tinggi, JULI 2014
Kepala
SMKN 3 T.Tinggi Guru
Pembimbing
Dra .
ISMAWATI FENI
WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP.
19650604 199412 2 001 NIP. –
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(03)
MENCAPAI KEMATANGAN
DALAM PILIHAN KARIR DENGAN CARA MEMANTAPKAN DIRI MENUJU MASA DEPAN
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
TEBING TINGGI
B.
BIMBINGAN : PRIBADI & SOSIAL
J.
LAYANAN :
INFORMASI, KONSELING PERORANGAN(INDIVIDU)
F.
LAYANAN : PEMAHAMAN,
KURATIF& PENGEMBANGAN
WAKTU : 1 X 45 ‘
KELAS/
SEMESTER : 12/
GANJIL
T.
A :
2014/2015
a.
Bahasan
/ topik permasalahan : MANTAP MENUJU MASA DEPAN
b.
Kompetensi
Dasar : Siswa mampu mengolah diri untuk memantapkan
diri
menuju masa depan yang diharapkan di kemudian
hari
c.
Uraian
Kegiatan :
1 Strategi Penyajian : Siswa dibagi
menjadi beberapa
kelompok
2. Materi
: Pemilik Masa depan, Sikap Dasar Menuju Masa depan, Melihat jauh
Kedepan
d. Hasil yang ingin dicapai : 1. Menyadari bahwa para pelajar/ remaja adalah
pemilik masa depan yang diidamkan oleh diri sendiri maupun keluarga
2.
menyadari bahwa setiap pribadi/pelajar/ remaja “dipanggil” untuk menyiapkan
diri dan siap menuju masa depan
e. Pihak Yang Disertakan :
ALUMNI
f . Alat/ Media : Gambar tentang dunia kerja
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut : -
h. Catatan Khusus :
-
Mengetahui T.
Tinggi, JULI 2014
Kepala
SMKN 3 T.Tinggi Guru
Pembimbing
Dra .
ISMAWATI FENI
WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP.
19650604 199412 2 001 NIP. –
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(04)
MENCAPAI KEMATANGAN
DALAM BERIMAN & BERTAQWA KEPADA TUHAN YME DENGAN MENJADI PRIBBADI YANG
MATANG DAN DEWASA
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
TEBING TINGGI
B.
BIMBINGAN : PRIBADI & SOSIAL
J.
LAYANAN :
INFORMASI, KONSELING PERORANGAN(INDIVIDU)
F.
LAYANAN : PEMAHAMAN,
KURATIF& PENGEMBANGAN
WAKTU : 1 X 45 ‘
KELAS/
SEMESTER : 12/
GANJIL
T.
A :
2014/2015
a.
Bahasan
/ topik permasalahan :MENJADI PRIBADI
YANG MATANG &
DEWASA
b.
Kompetensi
Dasar : Siswa menjadi pribadi yang matang dan dewasa
sesuai
dengan usia mental remaja
c.
Uraian
Kegiatan :
1 Strategi Penyajian : Siswa dibagi
menjadi beberapa
kelompok
2. Materi
: ciri-ciri orang dewasa, macam-macam kedewasaan, melihat tingkat
kedewasaan diri
d. Hasil yang ingin dicapai : 1. Mengupayakan menjadi remaja/ manusia yang memiliki
ciri-ciri orang dewasa
2.
Menjadi dewasa dalam banyak hal
3.
mengenal dan mengevaluasi diri tingkat kedewasaan diri sebagai sarana semakin
mengembangkan/ menyempurnakan diri
e. Pihak Yang Disertakan : ALUMNI
f . Alat/ Media : Skema gambar orang yang bersikap dewasa
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut : -
h. Catatan Khusus :
-
Mengetahui T.
Tinggi, JULI 2014
Kepala
SMKN 3 T.Tinggi Guru
Pembimbing
Dra .
ISMAWATI FENI
WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP.
19650604 199412 2 001 NIP. –
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(05)
MENCAPAI KEMATANGAN
DALAM PILIHAN KARIR SESUAI DENGAN TIPE KEPRIBADIAN
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
TEBING TINGGI
B.
BIMBINGAN : PRIBADI & SOSIAL
J.
LAYANAN :
INFORMASI, KONSELING PERORANGAN(INDIVIDU)
F.
LAYANAN : PEMAHAMAN,
KURATIF& PENGEMBANGAN
WAKTU : 1 X 45 ‘
KELAS/
SEMESTER : 12/
GANJIL
T.
A :
2014/2015
a.
Bahasan
/ topik permasalahan :TIPE KEPRIBADIAN
YANG BERHUBUNGAN
DENGAN KARIR
b.
Kompetensi
Dasar : Siswa mampu menghubungkan tipe kepribadiannya
dengan karier yang diinginkan di masa depan
c.
Uraian
Kegiatan :
1 Strategi Penyajian : Siswa dibagi
menjadi beberapa
kelompok
2. Materi
: tipe Kepribadian dan Pilihan Karir, Model Orientasi Pribadi, Persiapan
Memilih Karier
d. Hasil yang ingin dicapai : 1. Memahami hubungan antar kecenderungan tipe
kepribadian dengan pilihan karir
2.
memahami model orientasi pribadi yang berhubungan dengan pilihan karir
e. Pihak Yang Disertakan : ALUMNI
f . Alat/ Media : Skema gambar orang tentang dunia kerja
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut : -
h. Catatan Khusus :
-
Mengetahui T.
Tinggi, JULI 2014
Kepala
SMKN 3 T.Tinggi Guru
Pembimbing
Dra .
ISMAWATI FENI
WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP. 19650604
199412 2 001 NIP. –
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(06)
MENCAPAI KEMATANGAN
DALAM PILIHAN KARIR
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
TEBING TINGGI
B.
BIMBINGAN : PRIBADI & SOSIAL
J.
LAYANAN :
INFORMASI, KONSELING PERORANGAN(INDIVIDU)
F.
LAYANAN : PEMAHAMAN,
KURATIF& PENGEMBANGAN
WAKTU : 1 X 45 ‘
KELAS/
SEMESTER : 12/
GANJIL
T.
A :
2014/2015
a.
Bahasan
/ topik permasalahan :KARIR &
HUBUNGAN ANTAR MANUSIA
b.
Kompetensi
Dasar : Siswa menjelaskan kaitan antara karir dan hubungan
antar manusia sehingga menyadari arti penting
orang lain bagi pilihan karirnya.
c.
Uraian
Kegiatan :
1 Strategi Penyajian : Siswa dibagi
menjadi beberapa
kelompok
2. Materi : Proses mempersiapkan Karier,
Beradaptasi dengan Orang lain, faktor yang mempengaruhi hubungan antar manusia
d. Hasil yang ingin dicapai : 1. Menyadari bahwa diri sendirilah yang menjadi
karir masa depan bagi setiap orang
2.
memahami perlunya proses yang panjang untuk mempersiapkan karier yang
diinginkan
3.
Mampu beradaptasi dengan orang lain dan mengambil menfaatnya untuk pilihan
karir yang diinginkan
e. Pihak Yang Disertakan : ALUMNI
f . Alat/ Media : Skema gambar orang tentang dunia kerja
g. Rencana Penilaian/TindakLanjut : -
h. Catatan Khusus :
-
Mengetahui T. Tinggi, JULI 2014
Kepala
SMKN 3 T.Tinggi Guru
Pembimbing
Dra .
ISMAWATI FENI
WULANDARY HARAHAP, S.Pd
NIP.
19650604 199412 2 001 NIP. –
Tidak ada komentar:
Posting Komentar