Rabu, 27 Juli 2011

SATLAN BK PRIBADI SOSIAL



SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING


A. Topik Bahasan                            : Mengatasi rendah diri
B. Bidang Bimbingan                      : Pribadi
C. Jenis Layanan                            : Penguasaan konten
D. Fungsi Layanan                         : Pemaahaman, pencegahan, pengembangan
E. Tujuan Layanan                          : Siswa dapat mengenali dirinya sendiri atas   kekurangan dan kelebihan yang dimiliki
F. Sasaran Layanan                       : Siswa kelas VII. 1,2,3,4,5
G. Materi Layanan                           : 1. Pengertian rendah diri
                                                            : 2. Sebab-sebab timbulnya perasaan rendah diri
                                                            : 3. Ciri-ciri orang yang merasa rendah diri
: 4. Cara mengatasi timbulnya perasaan rendah diri
H. Metode                                          : Ceramah, diskusi, pemberian tugas
I.  Tempat Penyelenggaraan         :  Ruang kelas VII. 1,2,3,4,5
J.  Hari/Tanggal                                : Senin, jumat, sabtu/ 05/06 Juni 2011
K. Penyelenggara Layanan           : Konselor sekolah
L. Pihak yang disertakan dalam kegiatan layanan :
     -
M. Alat perlengkapan yang digunakan : Laptop, LCD
N. Rencana penilaian dan tindak lanjut :
     - Penilaian jangka pendek dan jangka panjang
O. Keterkaitan layanan ini dengan layanan/kegiatan pendukung :
     - Layanan konseling individu
P. Catatan khusus   :
     - Siswa yang mengalami kesulitaan pribadi diberikan layanan konseling individu



     Mengetahui                                                                     Medan,        Juni 2011
     Kepala Sekolah                                                              Calon Guru BK




     …………………………….                                             Feni Wulandary Hrp
     NIP. ……………….                                                         NIP. 109351014


A.    Pengertian RENDAH DIRI
Beberapa pengertian rendah diri:
·         Rendah diri adalah suatu penyakit. Penyakit ini termasuk penyakit yang berbahaya dan suatu sikap yang merugikan diri pribadi kita. Banyak orang yang menderita penyakit ini, meliputi jutaan orang dan mungkin juga terjadi pada kita. Berikut ini kita akan bersama-sama mempelajari arti dari rendah diri dan cara mengatasinya.
·         Rendah diri adalah perasaan menganggap terlalu rendah pada diri sendiri. Orang yang rendah diri berarti manganggap diri sendiri tidak mempunyai kemampuan berarti.
Pengertian rendah diri adalah perasaan menganggap terlallu rendah pada diri sendiri. Orang yang menganggap diri sendiri terlalu rendah dikatakan rendah diri. Orang yang rendah diri berarti menganggap diri sednriri tidak mempunyai kemampuan yang berarti. Seperti dikatakan oleh Alder bahwa rasa rendah diri berarti perasaan kuarng berharga yang timbul karena ketidakmampuan psikologis atau social maupun karena keadaa jasmani yang kurang sempurna ( Sumadi Suryabrata, 1984: 220 ).
Berikut ini contoh orang yang mengalami rendah diri.
·         Susi merasa dirinya paling bodoh karena nilai pelajaran Fisikanya 5. Padahal, Susi mempeunyai kelebihan, pandai pada pelajaran olahraga.
·         Arman merasa dirinya anak yang paling miskin di kelas karena sepatu yang dipakianya paling jelek. Padahal, Arman punyai kelebihan, ia pandai bergaul.


B.     Sebab-sebab rendah diri:
Perasaan rendah diri tidak timbul dengan sendirinya. Ada dua faktor yang dapat menyebabkan perasaan rendah diri.
a.       Faktor intern
Yaitu penyebab yang berasal dari diri sendiri, seperti cacat tubuh, kelemahan menguasai bidang study, dan susah berkomunikasi. Penyebab berasal dari diri sendiri, seperti cacat tubuh, kelemahan menguasai bidang studi, dan susah berkomunikasi.
b.      Faktor ekstern
Yaitu penyebab yang berasal ari luar, seperti ekonomi orang tua lemah ( tidak mampu ), orang tua yang bercerai, dan keluarga sering cekcok. Kelemahan yang dimiliki oleh seseorang baik berasal dari luar maupun dari dalam dirinya dapat menimbulkan perasaan rendah diri

Penyebab yang berasal dari luar, seperti ekonomi orang tua lemah, orang tua bercerai, dan keluarga sering cekcok.
C.     Ciri-ciri rendah diri:
Orang yang merasa rendah diri dapat dilihat dari tingkah lakunya. Tingkah laku orang yang rendah diri diantara lain sebagai berikut.
·          Selalu menyendiri dan menarik diri dari pergaulan. Orang yang menganggap dirinya tidak memepunyai kemampuan yang berarti biasanya tidak mau bergaul dan menarik diri dari pergaulan.
·          Â Selalu ragu dalam bertindak. Orang yang merasa tidak mempunyai kemampuan yang berarti akan selalu ragu – ragu dalam bertindak. Perasan seperti itu akan merugikan diri sendiri
            Contoh : Andhika merasa paling bodoh di kelas karena memperolah nilai pelajaran Bahasa Indonesia 5. Sebenarnya, Andhika bukan anak yang bodoh. Ia mempeunyai kelebihan dalam bidang menyanyi. Karena Andhika merasa paling bodoh dan tidak mempunyai kelebihan, pada saat diminta mengikuti lomba karaoke Andhika menolak.
·          Â Tidak mau bersaing positif, seperti persaingan kepandaian, lomba mengarang dan balap sepeda.
Contoh : Vina menganggap dirinya anak yang paling miskin di kelas. Pada waktu istirahat tanpa sengaja Indah menginjak kaki Vina. Karena menganggap dirinya anak yang paling miskin maka Vina merasa diejek oleh Indah dan langsung marah. Padahal, indah tidak sengaja
·         Selalu menyendiri dan menarik diri dari pergaulan.
·          Selalu ragu dalam bertindak
·          Tidak mau bersaing positif, seperti persaingan kepandaian, lomba mengarang, dan balap sepeda.
D.    Cara mengatasi timbulnya perasaan rendah diri:
Setiap oarang mempeunyai kelemahan dan kelebihan. Agar dapat terhindar dari perasaan rendah diri, siswa dapat memperhatikan hal-hal di bawah ini
a. Terimalah kekurangan yang ada pada diri Anda dengan lapang dada. Anda harus dapat menerima dan mengakui bahwa setiap manusia mempunyai kekurangan dan tidak ada manusia yang sempurna.
b. Carilah kelebihan yang Anda miliki. Kelebihan yang Anda miliki dapat Anda kembangkan sehingga menjadi kecakapan yang nyata. Jika Anda dapat mengembangkan kelebihan yang Anda miliki, maka Anda dapat terhindar dari perasaan rendah diri.
c. Syukurilah bahwa Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna.

10 cara mengatasi masalah rasa Percaya Diri (Inferiority complex) menurut Norman Vincent Peale :
  1. Formulasikan dan camkan di pikiran anda tentang gambaran mental diri anda sendiri yang sukses. Pertahankan gambaran didi ini, dan jangan pernah biarkan menjadi kabur. Otak anda akan berusaha keras mangembangkan dan merealisasikan gambaran ini. Jangan pernah berpikir diri anda gagal; jangan pernah meraguka relita imajinasi mental tentang kesuksesan. Benak kita selalu berusaha keras mewujudkan apa yang digambarkan. Karena itu, selalulah menggambarkan “kesuksesan” tak peduli berapa buruknya keadaan fakta yang tampak kala.
  2. Setiap kali pemikiran-pemikiran negatif tentang kekuatan personal amda muncul diotak, segeralah menyuarakan pemikiran-pemikiran positif untuk menghadangnya.
  3. Jangan membangun rintangan-rintangan dalam imajinasi anda sendiri. Kikis setiap rintangan itu. Kurangilah hingga sedikit mungkin. Segala kesulian harus dipelajari lalu dihadapi secara efisien dengan tujuan untuk disingkirkan.
  4. Jangan kagum berlebihan pada seseorang sehingga anda mencoba anda meniru dia. Tak seorang pun bener-benar bisa menjadi dia selain dia sendiri. Ingat meski dia berpenampilan dan berprilaku sangat percaya diri, tak jarang mereka juga punya perasaan takut atau ragu.
  5. Sedikitnya sepuluh kali sehari, ulangi kata-kata dinamis ini; ”Jika tuhan bersama saya, siapa yang bisa menghalangi saya?”. Ucapkan kalimat itu SEKARANG dengan perlahan tapi mantap untuk membangkitkan kepercayaan diri sendiri.
  6. Cari penasihat yang kompeten untuk konsultasi sehingga anda lebih mudah memahami mengapa anda melakukan hal yang anda lakukan. Pelajari akar dari rasa rendah diri dan keraguan yang sering mulai muncul pada masa anak-anak. Pengetahuan terhadap diri sendiri itu bisa menggampangkan penyembuhan.
  7. Sedikitnya sepuluh kali dalam sehari, latihan penegasan berikut ini. Ulangi kata-katanya dan ucapkan dengan keras jika mungkin.”Saya bisa melakukan segalanya melalui Tuhan yang telah memperkuat saya”. Ulangi kalimat itu SEKARANG. Perntataan ajaib itu obat paling mujarabuntuk mengatasi pikiran-pikiran rendah diri.
  8. Hitung perkiraan kemampuan anda sendiri, lalu naikkan 10%. Jangan jadi egoistis, tapi kembangkan penghargaan pada diri sendiri. Yakni pada kekuatan anda yang sudah dikeluarkan Tuhan.
  9. Pasrahkan diri anda pada takdir Tuhan. Untuk melakukannya, nyatakanlah; “Saya berada di tangan Tuhan”. Lalu yakinilah SEKARANG anda menerima semua kekuatan yang anda butuhkan.”Rasakan” alirannya keseluruh tubuh anda. Yakinkan diri anda bahwa “kerajaan Tuhan ada di dalam diri anda” dalam bentuk kekuatan yang memadai untuk memenuhi tuntunan hidup.
  10. Ingatkan diri andabahwa Tuhan selalu menyertai diri anda sehingga tak ada sesuatu pun yang mengalahkan anda. Percayalah bahwa sekarang anda KEKUATAN dari Tuhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar