Kamis, 22 Desember 2011

LINGKUNGAN RAWAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA


LINGKUNGAN RAWAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA
A.    Di Lingkungan tempat tinggal rawan penyalahgunaan Narkoba
1.      Di Ruangan/ rumah kosong
Ruangan atau rumah kosong yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal sering dijadikan tempat mangkal atau tempat ngumpul bareng anak-anak remaja.rumah kosong dirasa sangat aman bagi mereka yang ingin menyalahgunakan narkoba karena tempat ini selain tidak ada penghuninya, juga jarang dikunjungi orang.
2.      Di Lapangan
Tempat ini juga menjadi tempat yang paling menyenangkan dan sering digunakan para remaja untuk tempat nongkrong termasuk tempat memakai dan melakukan transaksi narkoba. Pengguna narkoba dapat dengan mudah melihat siapa saja yang datang yang dianggap mencurigakan dan berbahaya
3.      Di bawah Jembatan
Biasanya dibawah jembatan sangat teduh dan santai, untuk di perkotaan tempat ini dipakai di malam hari. Karena dibawah jembatan selalu identik dengan hal-hal yang menakutkan, sehingga tidak ada yang berani untuk datang ke tempat ini. Situasi ini lah yang dimanfaatkan para pemakai narkoba.
4.      Tempat Kost atau Asrama
Pemakai narkoba selalu memanfaatkan tempat dimana saja untuk memakai narkoba termasuk dirumah kos atau asrama.
Karena di tempat kos tidak mempunyai aturan, tidak saling menegur dan tidak ada kontrol dari pihak kost atau tetangga, peredarannya pun tentu akan semakin bebas.
5.      Di pingggir sungai
Para pemakai narkobba akan mencari tempat yang rindang dan teduh di pinggir sungai, sebab pengguuna narkoba menyenangi tempat yang sunyi. Selain itu akan sulit tercium oleh polisi.

B.     Lingkungan Sekolah Rawan Penyalahgunaan Narkoba
1.      Di toilet
Toilet yang bau merupakan surga bagi pengguna narkoba, karena guu dan siswa akan jarang masuk. Sebab itu mereka merasa aman dan nyaman berada di kamar mandie sambil memakai narkoba.
2.      Kantin
Dari kantin awal mula siswa mengenal narkoba dan dikantin pula tempat yang dijadikan anak-anak sekolah untuk memakai narkoba. Cabut ketika jam pelajaran berlangsung, banyak siswa yang bersembunyi dikantin sambil memakai narkoba bersama teman-temannya yang lain.
3.      Tempat parkir
Awalnya pengedar memepengaruhi siswa yang berada di parkiran sekolah, karena setiap orang yang datang ke sekolah yang membawa kendaraanya tentu memarkirkan di tempat yang disediakan khusus parkir, selanjutnya parkiran sekolah dijadikan tempat bagi siswa untuk memakai narkoba.
4.      Gudang sekolah
Salah satu tempat yang aman bagi siswa untuk dijadikan tempat memakai narkoba adalah di gudang sekolah.para siswa yang ingin berada disana akan mencari waktu yang aman ketika penjaga sekolah tidak berada disana.
           
C.     Di Tempat-Tempat Umum Lainnya Rawan Penyalahgunaan Narkoba
1.      Tempat hiburan malam
Ada kenikmatan tersendiri bagi pengunjung tempat hiburan maam apabila menikmati musik sambil memakai narkoba. Padahal sesaknya pengunjung dan asap rokok yang mengepul membuat meraka merasa kegerahan. Dan bagi pemakai ekstasi sering ditemukan pingsan, koma, dan bahkan menggal dunia akibat dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh dan pecah pembuluh darah di otak ketika terjatuh karena kelelahan dan efek obat yang dipakai habis.
2.      Kampus
Kampus dijadikan tempat memakai narkoba. Selain pelajar, mahasiswa juga merupakan konsumen narkoba terbesar. Kampus juga merupakan tempat yang aman untuk menggunakan narkoba bahkan sebagai tempat bertransaksi narkoba, karena kampus jarang sekali disentuh aparatkeamanan sehingga pemakai dan peradaran gelap narkoba di kampus cukup marak.
3.      Persimpangan jalan
Disini meraka bebas menggunakan narkoba, sebab kurang pengawasan dari berbagai pihak termasuk aparat kepolisian dan umumnya yang mereka gunakan adalah lem kambing, narkoba jenis bahan adiktif. Memang jenis bahan adiktif ini legal dan tidak ada dasar hukumnya sehingga pelakunya tidak bisa ditangkap dan dihukum.
4.      Terminal bus/ stasiun kereta api
Di tempat ini para pecandu narkoba merasa aman untuk bertransaksi dan menggunakan narkoba. Alasannya disini mereka bebas keluar masuk tanpa pemeriksaan, tempat yang luas dan mudah untuk bersembunyi. Selain itu tempat ini juga mudah mendapatkan narkoba dari pengedarnya yang bisanya beroprasi disekitar tempat ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar